Satkopaska Latihan Tempur Di Hutan Jatiluhur

Purwakarta (WartaMerdeka) - Dalam rangka mengasah naluri tempur sebagai prajurit komando, prajurit Satuan Komando Pasukan Katak/Satkopaska di jajaran Koarmabar melaksanakan latihan tempur di kawasan hutan daerah Rawalumbu Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat (7/3).

Menurut Komandan Satkopas Koarmabar Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, latihan tempur ini merupakan geladi tugas tempur setingkat K-2 yang dilaksanakan selama dua minggu dengan mengambil medan latihan di hutan kawasan Purwakarta, Jawa Barat. Sebagai prajurit komando, diperlukan latihan secara terus menerus dengan tujuan untuk memelihara naluri tempurnya agar selalu terjaga profesionalisme sebagai prajurit tri matra.

Dalam latihan ini, materi latihan yang dilaksanakan antara lain: melaksanakan patroli hutan, patroli malam, menembak tempur, menembak sniper, menembak senjata bantuan, mountaineering berupa merayap tali satu, rappeling, scrambling, memanjat tali satu dan materi terakhir melaksanakan lintas medan menempuh jarak kurang lebih sekitar 40 Km ditempuh dalam waktu tiga hari.

Sementara itu, menurut Perwira Pelaksana Harian Latihan Letkol Laut (P) M. Machri Mokoagow, bahwa inti materi latihan itu semua tujuannya adalah untuk menjaga naluritas dan stabilitas prajurit Satkopaska Koarmabar, sekaligus meningkatkan daya tahannya dalam menghadapi medan yang sebenarya. Terutama medan pegunungan, karena ini dibutuhkan ketika prajurit ditugaskan menghadapi medan sebenarnya sudah paham dalam berbagai tantangan alam yang dihadapinya (ab) | Foto: DispenArmabar | Sumber : Indonesia Mandiri
Share:

Artikel Unggulan

Cara Memilih Presiden yang Baik dan Benar

Arsip