TNI AD 11 Kali Jawara Lomba Tembak AASAM

Jakarta (WartaMerdeka) - Ajang lomba menembak bergengsi antar negara yang digelar di Australia pada 27 April- 10 Mei 2018 dalam lomba yang bertajuk AASAM (Australian Army Skill-At-Arms Meeting), mencatatkan kembali Kontingen TNI AD sebagai juara umum menyisihkan 17 negara peserta lainnya. 

Di AASAM tahun ini, dua prajurit TNI meraih gelar _One Shoot Two Kills_, 1 peluru 2 sasaran kena tembak. Keduanya adalah Serka Yuda Irawan (Kopassus) dan Serka Novian Budiyanto dari (Kopassus). Pada materi _Champion_ perorangan AASAM terjadi _all Indonesian final_ antara Letda Inf Herlansyah melawan Serka Sugeng Widodo, dimenangkan oleh Letda Inf Herlansyah. 

Selain itu tujuh dari 10 petembak terbaik dalam ajang lomba ini dari terbaik pertama hingga ketujuh ditempati petembak TNI masing-masing atas nama Lettu Inf Poltak Siahaan, Letda Inf Herlansyah, Serka Sugeng Widodo, Sertu Misran, Sertu Woly Hamsan, Sertu Eko dan Pratu Ismail dengan Komandan Kontingen Kolonel Inf. Khabib Mahfud. 

Kontingen terdiri dari tim Kopassus, Kostrad, Kodam Jaya dan Kodam XIV/Hasanuddin yang mengikuti lomba AASAM di Puckapunyal ini memboyong piala bergilir untuk yang kesebelas kalinya dengan raihan medali 36 emas, 24 perak dan 12 perunggu. 

Pencapaian menjuarai lomba tembak se-Asia Pasifik ini membuktikan bahwa kemampuan prajurit TNI AD dan senjata produksi industri pertahanan dalam negeri /Pindad dapat disejajarkan bahkan melebihi kemampuan prajurit negara maju dan produksi Alutsista luar negeri. 

Diposisi kedua ditempati Kontingen menembak tuan rumah Australia dengan 9 emas, 4 perak dan 10 perunggu, serta tempat ketiga diraih oleh Kontingen menembak dari negara Malaysia dengan 8 emas, 6 perak, 2 perunggu. 

Lomba tembak ini diikuti oleh Angkatan Darat dari negara-negara wilayah Asia Pasifik dan beberapa negara dari benua Amerika dan Eropa menjadi ajang bergengsi untuk menunjukkan kemampuan menembak senjata ringan, yang merupakan kemampuan yang sangat penting bagi seorang prajurit. 

“Kita berharap semoga kedepan TNI AD tetap menjadi yang terbaik diantara kontingen beberapa negara. Karena kejuaraan ini merupakan lomba tembak ini diikuti oleh angkatan darat dari negara-negara wilayah Asia Pasifik dan beberapa negara dari benua Amerika dan Eropa, dan telah menjadi ajang bergengsi untuk menunjukkan kemampuan menembak senjata ringan, yang merupakan kemampuan yang sangat penting bagi seorang prajurit,” tegas Kasad saat melepas keberangkatan tim AASAM ke Australia. 

Harapan Kasad dan seluruh rakyat Indonesia kembali dibuktikan oleh para petembak TNI AD pada ajang lomba tembak ini yang kembali menorehkan sejarah dengan menjuarai lomba tembak bergengsi ini untuk yang kesebelas kalinya secara berturut-turut sejak keikutsertaan Indonesia pada tahun 2008. 

Berikut Klasemen akhir dan perolehan medali masing-masing negara: 

1. Indonesia : 36 Emas, 24 Perak, 12 Perunggu 
2. Australia : 9 Emas, 4 Perak, 10 Perunggu 
3. Malaysia : 8 Emas, 6 Perak, 2 Perunggu 
4. Filipina : 6 Emas, 2 Perak, 4 Perunggu 
5. Jepang : 4 Emas, 2 Perak, 3 Perunggu 
6. New Zealand : 4 Emas, 2 Perak, 2 Perunggu 
7. Thailand : 2 Emas, 1 Perak, 1 Perunggu 
8. Amerika Serikat: 2 Emas, 1 Perak 
9. Korea : 2 Emas, 1 Perunggu 
10. Canada : 3 Perak 
11. Singapura : 1 Perak, 1 Perunggu 
12. Brunei : 1 Perak, 1 Perunggu 
13. UEA : 1 Perak 
14. Inggris : 2 Perunggu 
15. Fiji : - 
16. Tonga : - 
17. Timur Leste : - 
18. Kamboja : - 
(tim). 


Foto: Dispenad | Sumber : IM
Share:

Artikel Unggulan

Cara Memilih Presiden yang Baik dan Benar