Di Roma Menteri LHK Tegaskan Komitmen RI Pelihara Kehutanan


Roma/Italia {WartaMerdeka) - "Saat ini terjadi pergeseran dari pendekatan berorientasi korporat, ke pendekatan berorientasi pada masyarakat, dengan memastikan akses yang lebih adil ke sumber daya lahan dan hutan, sehingga mendorong kemakmuran masyarakat", papar Menteri LHK Siti Nurbaya, dalam Side Event the 24th Session Committee on Forestry/COFO-24 di Roma, Italia (17/7). 


Pemerintah Indonesia telah menyatakan komitmen yang kuat, dalam mencapai demokratisasi pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hutan, melalui serangkaian tindakan korektif dengan hasil positif. 



Saat menyampaikan materi dengan judul "The State of Indonesia Forest" (Status Hutan Indonesia), Siti juga menyebut “tindakan korektif tersebut telah memberikan hasil signifikan dalam pencegahan deforestasi dan degradasi hutan, melalui pengelolaan kebakaran hutan yang efektif, penangguhan izin pemanfaatan hutan baru pada hutan primer dan lahan gambut, serta penerapan sertifikasi pengelolaan hutan lestari dan sistem jaminan legalitas kayu.” 



Selain itu, Menteri Siti menambahkan Indonesia telah menerapkan sistem pengelolaan hutan bersama masyarakat, termasuk komunitas adat, untuk menyelesaikan konflik yang berkaitan dengan penguasaan hutan. 



Penyelesaian konflik tenurial terkait lahan hutan juga disebutkan Menteri Siti sebagai salah satu peran kehutanan dalam mendukung mitigasi perubahan iklim, National Determined Contribution/NDC. 



"Saat ini terjadi pergeseran dari pendekatan berorientasi korporat, ke pendekatan berorientasi pada masyarakat, dengan memastikan akses yang lebih adil ke sumber daya lahan dan hutan, sehingga mendorong kemakmuran masyarakat", lanjutnya. 



Dalam kesempatan tanya jawab, Menteri Siti juga berdiskusi dengan beberapa negara lainnya, juga mendapat apresiasi dalam keberhasilan menangani deforestasi, dan keinginan bekerjasama dengan Indonesia antara lain Menteri Ekonomi Kehutanan Kongo HE Rosaline Matondo, Delegasi Korea dan lain-lain (jw). Foto: Dok.KLHK | Jaringan IndonesiaMandiri.web.id
Share:

Artikel Unggulan

Cara Memilih Presiden yang Baik dan Benar

Arsip