Manggala Agni Dumai Sigap Padamkam Karhutla


Dumai/Riau (WartaMerdeka) - Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan menyatakan, sejak dua hari lalu, Manggala Agni Daops Dumai, Provinsi Riau telah melakukan pemadaman di beberapa wilayah. "Manggala Agni yang sedang bertugas patroli terpadu turut bergabung melakukan pemadaman bersama dengan TNI, POLRI, dan juga Masyarakat Peduli Api/MPA,” tambah Raffles (17/7). 

Daops Dumai melakukan pemadaman di Dusun Sejati Kepenghuluan Rantau Bais KecamatanTanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, yang tergabung dalam Tim Patroli Terpadu Posko Desa Rantau Bais bersama TNI, POLRI, MPA, serta dibantu oleh masyarakat setempat. Tim terus berupaya memadamkan kebakaran yang terjadi di lahan masyarakat ini. 

Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan dari Kementeian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/KLHK tersebut terus melakukan pemadaman di Kelurahan Mundam Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai. Manggala Agni, tim Patroli Terpadu Posko Desa Guntung Pelintung, Personil Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, beserta masyarakat setempat bahu membahu lakukan pemadaman yang terjadi di kawasan konservasi Taman Wisata Alam Sungai Dumai. 

Selain itu, di Dusun Lidah Tanah Desa Sungai Daun Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir pemadaman dilakukan oleh Manggala Agni Daops Dumai dan juga Manggala Agni yang tergabung dalam Tim Patroli Terpadu Posko Desa Sei Daun, Desa Segajah Makmur, dan Posko Desa Balam Sempurna. TNI, POLRI, Masyarakat Peduli Api, serta masyarakat setempat juga berpartisipasi untuk menanggulangi kebakaran ini. 

Tim Patroli Terpadu Posko Desa Basilam Baru dan Posko Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai saat ini juga masih melakukan pemadaman di wilayah Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan. Luas terbakar ± 50 ha dan diupayakan pemadaman. Akses menuju lokasi kebakaran cukup jauh dan hanya bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua. Kondisi ini tidak menyurutkan semangat Manggala Agni menjangkau lokasi untuk menanggulangi api. Tidak adanya sumber air di sekitar lokasi kebakaran menjadi kendala dalam upaya pemadaman ini. Mengatasi kendala itu, Manggala Agni berupaya membuat embung di lahan gambut sebagai sumber air. 

Pemadaman dari darat juga didukung oleh patrol dan pemadaman dari udara. Helly PKDAS 412 KLHK saat ini terus melaksanakan patroli udara secara intensif untuk memantau lokasi-lokasi rawan dan pengecekan titik hotspot di wilayah provinsi Riau. Patroli udara dilakukan di wilayah Kabupaten Siak, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Pelalawan. Sementara lima unit helly Satgas Udara Provinsi Riau lainnya melakukan water bombing di wilayah Kota Dumai, Siak dan Rokan Hilir. 

Tak hanya di Wilayah Riau, di Sumatera Selatan juga dilakukan pemadaman di Desa Cinta Jaya Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Pemadaman dilakukan oleh Manggala Agni bersama-sama dengan TNI, POLRI, dan MPA yang tergabung dalam Tim Patroli Terpadu Posko Desa Pedamaran VI Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI. Luas yang terbakar mencapai ± 100 ha. Pemadaman dilakukan melalui darat, didukung pemadaman dari udara melalui upaya water bombing oleh tim Satgas Udara Provinsi Sumatera Selatan (rm). | Foto: Dok.KLHK | Sumber : JIM
Share:

Artikel Unggulan

Cara Memilih Presiden yang Baik dan Benar

Arsip