Masyarakat Sekitar Hutan TN Kerinci Seblat Mendukung Penuh Keberadaannya

Sungai Penuh/Jambi (WartaMerdeka) - Pentingnya keberadaan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) sebagai benteng konservasi alam, disadari sepenuhnya oleh masyarakat sekitarnya. Hal ini terbukti dengan adanya keterlibatan masyarakat dalam menjaga hutan di kawasan TNKS. 


Dukungan masyarakat ini disampaikan oleh Walikota Sungai Penuh, H.Asafri Jaya Bakri, kepada Menteri LHK, Siti Nurbaya, saat bertemu anggota IV BPK RI, Prof. Rizal Djalil, dan Wakil Walikota Sungai Penuh, H. Zulhelmi, serta rombongan Dipo Ilham Jalil (06/07). 

H. Asafri juga mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kota Sungai Penuh, khususnya berkaitan dengan pengelolaan sampah dan pengelolaan kawasan hutan, dimana 51 % kawasan hutan di Sungai Penuh, diharapkan dapat memberi manfaat kepada masyarakat. 

Lebih lanjut H. Asafri menyatakan keinginan untuk membangun sendiri Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST), namun ada keterbatasan terkait syarat penyediaan lahan seluas 10 hektar. "Saat ini Pemerintah Kota Sungai Penuh belum memperoleh lahan seluas itu. Diharapkan melalui kehadiran Ibu Siti Nurbaya dapat mempermudah pembangunan TPST ini", tuturnya. 

Pada kesempatan ini, Prof. Rizal Djalil mengajak masyarakat dan kepala OPD, untuk menyusun dan menyampaikan rencana peningkatan PAM, energi listrik solar cel dan infrastrukur di kota Sungai Penuh, serta pengelolaan hutan. 

“Memang ini bukan hanya persoalan di kota Sungai Penuh saja, namun inisiatif membuat TPST sendiri merupakan inisiatif yang sangat bagus. Dari sisi regulasi hal ini dimungkinkan, dan Pemerintah Pusat siap memfasilitasi untuk pembangunan TPST. Pengelolaan sampah yang baik dilain tempat mungkin bisa dipelajari dari kota kota lain", ujar Menteri Siti (dm). 

Foto: Dok.KLHK 
Share:

Artikel Unggulan

Cara Memilih Presiden yang Baik dan Benar

Arsip