Pelajar SMA Seluruh Ambon Ikuti Penataran Bela Negara


Ambon (WatraMerdeka) – “Sesuai dengan Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 berbunyi, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Setiap warga negara memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dari negara serta wajib untuk ikut serta dalam upaya pembelaan Negara,” demikian pesan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Suko Pranoto saat membuka kegiatan Penataran Kader Bela Negara Kodam XVI/Pattimura yang diikuti Siswa/i berbagai SMA se-Kota Ambon di Aula Mako Dodik Bela Negara Rindam XVI/Ptm, Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. 


Penataran Kader Bela Negara ditujukan untuk menanamkan nilai-nilai kejuangan yang harus ditumbuh kembangkan kepada generasi muda, penerus cita-cita bangsa, agar nilai - nilai kejuangan yang telah dibangun tidak boleh dilupakan sampai kapanpun. 



Pangdam mengatakan, bahwa Bela Negara merupakan tekad sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, rela berkorban demi menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. 



“Salah satu unsur Bela Negara adalah kecintaan kepada tanah air, kesadaran dan rela berkorban untuk bangsa dan negara serta bersedia mengorbankan waktu tenaga dan harta benda untuk kepentingan umum sehingga mampu mengorbankan jiwa raga bagi kepentingan bangsa dan negara”, tegas Pangdam. 



Pangdam juga menekankan perlunya mengenal, mengerti, menghayati dan memahami arti Cinta Tanah Air, dengan tetap meyakini bahwa Pancasila sebagai satu-satunya falsafah dan Ideologi negara. Sehingga, para peserta penataran diharapkan mempunyai keberanian untuk rela berkorban demi negara dan bangsa dengan memiliki sikap peduli terhadap Lingkungan dan ringan tangan untuk saling tolong-menolong, mengembangkan sikap mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi maupun golongan (rm). Foto: Pendam16 | Sumber | Jaringan IndonesiaMandiri.web.id
Share:

Artikel Unggulan

Cara Memilih Presiden yang Baik dan Benar

Arsip