Angkasa Pura II Berikan Pelayanan Terbaik Sambut Asian Games 2018

Cengkareng (WartaMerdeka) - Sebagai pintu gerbang utama peserta Asian Games, peran Bandara International Soekarno Hatta Jakarta dan Sultan Badaruddin Palembang yang dikelola PT Angkasa Pura/AP II menjadi sangat penting.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, “Bandara adalah tempat pertama wisatawan menginjakkan kaki. Di sinilah impresi pertama didapat. Jika bandara ramah, asyik, keren, juga menyenangkan, maka wajah Indonesia juga akan berseri. Apalagi jika _digital friendly.”
Direktur Utama AP II Awaluddin perkirakan sebanyak 170 ribu wisatawan akan datang saat Asian Games. “Angkasa Pura II, khususnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta, merupakan gerbang utama para kontingen untuk memasuki wilayah Indonesia, maka dari itu menjadi tugas kami untuk memberikan pelayanan prima bagi kontingen dari negara-negara peserta Asian Games 2018 yang mendarat di bandara ini," jelas Awaluddin.


AP II sendiri, lanjut Awaluddin, sudah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari posko siaga Asian Games 2018 dan _sports corner_ di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Lalu bagi wisatawan yang ingin mencari informasi lebih lanjut, AP II juga meluncurkan layanan _Virtual Travel Asisstance System_ Angkasa Pura II atau TASYA.


Terbaru, bandara terbesar di Indonesia itu, menghadirkan _Airport Digital Lounge_ di Terminal 2 dan Terminal 3 CGK. _Airport Digital Lounge_ merupakan pusat layanan terintegrasi dari PT Angkasa Pura II (Persero), yang memadukan kemudahan layanan informasi bandara dengan teknologi digital terkini (state of the art technology).

“Dilengkapi dengan layanan _self check-in, flight Information, virtual assistant via chatbot, coworking space, e-wayfinding, official merchandise store_ serta layanan reservasi akomodasi, pengguna jasa dapat mendapatkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan. Petugas kami siap membantu Anda dengan pelayanan yang ramah, cepat, dan efektif,” ujar Awaluddin.

Untuk memenuhi kebutuhan informasi wisata para wisatawan saat Asian Games 2018, PT Angkasa Pura II (Persero) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan juga stakeholder lainnya mempersiapkan rute-rute destinasi wisata Indonesia. AP II juga menyiapkan _Tourist Information Center_ di Bandara Soekarno-Hatta serta di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Hal itu untuk memberikan informasi pariwisata kepada para customer.

Selain itu AP II juga menyiapkan booth-booth leaflet pariwisata serta fasilitas layanan digital di terminal seperti _Digitalway-Finding Kiosk, Statistic map, Wayfinding;_ juga penambahan _Interface Asian Games 2018_ pada _Indonesia Airports Mobile Apps._

Sebagai bentuk kesiapan dalam memberikan pelayanan terbaik di bandara, AP II juga telah meresmikan sejumlah fasilitas-fasilitas baru, diantaranya adalah _Chatbot Contact Center (Tasya), Airport Digital Lounge (DILO), Digital Airport Hotel, Airport Operation Control Center (AOCC), dan Wi-Shock,_ fasilitas layanan wifi berkecepatan tinggi di bandara. Fasilitas-fasilitas ini diresmikan secara langsung oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno (fm/ab). Foto: abri - Jaringan TI
Share:

Artikel Unggulan

Cara Memilih Presiden yang Baik dan Benar