Pesona Meko Dengan Pasir Timbul di Tengah Laut Flores Timur

Air laut yang jernih jadikan pesona Meko begitu indah

Larantuka/Flores Timur (WartaMerdeka) - Pesona Larantuka di Flores, Nusa Tenggara Timur, tak hanya dikenal dengan upacara religi umat Kristiani, Semana Santa, yang setiap tahun diadakan. Namun, Larantuka juga memiliki destinasi yang tak kalah indah mulai pemandangan sunset, hingga hamparan pasir timbul di tengah lautnya, berada dekat Dusun Meko, Kecamatan Witihama, Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur.


Warga setempat sebutnya Pasir Timbul Meko. Dinamai pasir timbul, lantaran terdapat gundukan pasir di tengah laut seperti pulau kecil tak berpenghuni. Luasnya kurang lebih satu kilometer persegi. Pasir putih yang sedikit berwarna merah jambu/pink ini kontras dengan warna laut yang biru kehijauan.



Pasir warna pink berasal dari karang yang hancur. Keindahan ini tampak sempurna dengan dipadu pulau-pulau berwarna hijau yang subur. Tak ada ombak di pantai pasir itu, hanya riak-riak kecil yang menyapu pasir putih nan lembut. Jika air laut pasang, pulau itu akan tenggelam.



Pasir timbul di tengah laut Flores Timur
Bila ingin ke Meko, dari Pelabuhan Pelni Larantuka, kita menyeberang ke Pelabuhan Tubilota di Pulau Adonara. Lalu kita dapat menumpang kapal motor seharga Rp 5 ribu dengan waktu tempuh kira-kira hanya 10 menit. Lalu, dari Adonara bisa sewa mobil menuju ke Dusun Meko sekitar dua jam.



Warga dusun di sana bisa mengantarkan kita ke Pasir Timbul Meko, menyewa perahu nelayan lokal seharga Rp 400 ribu PP. Dalam perjalanan menuju pulau itu, kita akan disuguhi pemandangan yang tak kalah indah dengan air laut sangat jernih (aa/ma) | Foto: Dok. Kemenpar | Jaringan Tanah Impian
Share:

Artikel Unggulan

Cara Memilih Presiden yang Baik dan Benar