Home » » Dirgahayu Kodam XVIII/Kasuari dan Hari Infantri

Dirgahayu Kodam XVIII/Kasuari dan Hari Infantri

Posted by WARTA MERDEKA on 2019-12-20

Hut Kodam Kasuari bersamaan dengan Hut Infantri diwarnai dengan demo ketangkasan prajurit
Manokwari (WartaMerdeka) - “Kodam XVIII/Kasuari diharuskan mampu menyelenggarakan Pembinaan Kemampuan (Binpuan), Pembinaan Kekuatan (Binkuat), dan gelar kekuatan, serta Pembinaan Teritorial (Binter), sekaligus menyelenggarakan Operasi Pertahanan Matra Darat di wilayah Provinsi Papua Barat. Oleh karena itu, Kodam XVIII/Kasuari perlu mendapat perhatian dan dukungan penuh dari pemerintah dan seluruh elemen masyarakat,” ujar Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, pada Upacara Hari Infanteri Ke-71, sekaligus peringatan Hut ke-3 Kodam XVIII/Kasuari di Lapangan Upacara Makodam XVIII/Kasuari, Manokwari, Papua Barat (19/12).

Infanteri sebagai korps terbesar di TNI Angkatan Darat, lanjut Pangdam, tak pernah terlepas dari sejarah perjuangan Bangsa dan NKRI. "Sedangkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-3 Kodam XVIII/Kasuari Tahun 2019, merupakan bagian dari pembinaan tradisi korps untuk memelihara dan meningkatkan semangat kejuangan, kebanggaan, dan kecintaan terhadap Kodam XVIII/Ksr,” sambungnya.

Hut Ke3 Tahun Kodam Kasuari dihadiri berbagai tokoh masyarakat
Menurut Mayjen TNI Joppye, Kodam XVIII/Kasuari adalah salah satu Kotama di jajaran TNI, khususnya TNI AD, sebagai alat negara bidang pertahanan, dituntut untuk selalu siap siaga menghadapi berbagai ancaman, baik ancaman Militer maupun Non Militer yang membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara dan keselamatan segenap Bangsa Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Papua Barat.

“Sebelum mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan “terima kasih” dan “penghargaan” setinggi-tingginya kepada Gubernur, Kapolda, Ketua DPRD, para Bupati, Walikota, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, dan semua pihak yang telah membantu kelancaran proses pembangunan dan mendukung pelaksanaan tugas Kodam XVIII/Kasuari,” papar Pangdam Mayjen Joppye.

Beberapa kegiatan digelar sambut dan memeriahkan Hari Infanteri ke-71 dan HUT ke-3 Kodam XVIII/Kasuari, seperti Doa Bersama, Ziarah Rombongan ke TMP Trikora, Donor Darah, Karya Bakti dan Bakti Sosial. Juga ada demonstrasi pembebasan tawanan dan penghancuran musuh oleh Prajurit Yonif 761/Kibibor Akinting sebagai Batalyon Pemukul Kodam XVIII/Kasuari. Kemudian dipertontonkan juga atraksi Bela Diri Milter opara Tamtama Remaja (Taja) Kodam XVIII/Kasuari, dan terakhir defile pasukan dipimpin oleh Danyonif Raider Khusus 762/Vira Yudha Sakti (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia