-->

Notification

×

Indeks Berita

Mentan Tekad Dorong Ekspor Pertanian Indonesia Rebut Pasar Dunia

2019-12-10 | 13.04 WIB Last Updated 2020-05-11T05:34:29Z
Mentan ajak Pemda membantu pengusaha swasta yang berhasil ekspor produk pertanian

Surabaya (WartaMerdeka) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menargetkan produk ekspor pertanian Indonesia kedepannya bisa bersaing dengan negara lain memperebutkan pasar dunia. Menurutnya, Kementerian Pertanian (Kementan) harus terus berinovasi guna menghasilkan produk sesuai standar negara tujuan ekspor sehingga target gerakan tiga kali ekspor (gratieks) bisa terealisasi.

"Kementan dorong agar perusahaan-perusahaan besar kita yang menggarap pertanian, tidak hanya berpikir bagaimana ketahanan nasional, tetapi bahkan produk-produk ekspor harus mampu berkompetis dan bersaing dengan negara lain memperebutkan pasar dunia," ungkap SYL saat pelepasan ekspor karkas dan olahan ayam ke Republik Demokratik Timor Leste di PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk di Buduran Sidoarjo, Jawa Timur (8/12).

SYL mengajak para pengusaha khususnya di Jawa Timur untuk mencari dan mau mengembangkan produk turunan dari satu komoditi pertanian yang bisa diekspor lebih bervariasi dengan begitu bisa menambah daya tarik konsumen mancanegara. Hal tersebut juga merupakan persiapan dimana Indonesia tak hanya memenuhi kebutuhan nasional, tapi juga dunia.

"Kita memiliki berbagai potensi dan komoditi pertanian. Disaat kondisi ekonomi melemah, dunia pun juga tetap butuh makan. Kita persiapkan ini dengan baik tentu untuk membangun kemampuan menjaga stabilitas ekonomi nasional kedepannya," ungkapnya.

SYL juga mengapresiasi PT Jafpa dimana selama 2019 kegiatan ekspornya menjadi bukti telah berkontribusi membangun negara dan rakyat serta turut mendukung program pemerintah dalam peningkatan ekspor. Dan ini tentu saja harus tetap didorong bersama pemerintah setempat, baik Gubernur dan Bupati (dh).
×
Berita Terbaru Update