Untuk mengurangi beban masyarakat yang terkena banjir, Pemerintah gratiskan layanan tol dalam kota Jakarta ( WartaMerdeka ) - Kementeri...
Untuk mengurangi beban masyarakat yang terkena banjir, Pemerintah gratiskan layanan tol dalam kota |
Jakarta (WartaMerdeka) - Kementerian BUMN berkoordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPJT-PUPR) untuk menggratiskan Jalan Tol Dalam Kota Jakarta selama 18 jam.
Layanan gratis ini berlaku untuk ruas Jalan Tol Cawang - Grogol - Tomang yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan ruas Jalan Tol Cawang - Tanjung Priok – Ancol Timur – Jembatan Tiga – Pluit oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk mulai 18.00 WIB Rabu (1/1), hingga Kamis (2/1) pukul 12.00 WIB. Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan, penggratisan ini sebagai bentuk kompensasi kepada masyarakat atas banjir yang terjadi sejak malam jelang pergantian tahun. Akibatnya, sejumlah titik jalan tol tergenang dan tak dapat dilalui.
Menurut , Erick Thohir, “sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk segera melakukan tindakan yang diperlukan demi mengurangi beban masyarakat yang terdampak banjir. Saya minta selanjutnya Jasa Marga dan BUMN lain yang mengelola jalan tol untuk segera melakukan tindakan preventif agar dapat meminimalisir dampak banjir ke jalan tol. Menggratiskan jalan tol tidak akan mengurangi beban masyarakat karena banjir, namun hal ini adalah sebagai kompensasi kepada pengguna jalan tol yang terdampak musibah ini”.
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, sebagai wujud inisiatif Pemerintah dan Badan Usaha Jalan Tol, baik untuk jalan tol Cawang - Grogol - Tomang yang dikelola oleh PT. Jasa Marga (Persero) Tbk dan jalan tol Cawang - Tanjung Priok – Ancol Timur – Jembatan Tiga – Pluit yang dikelola oleh PT. Citra Marga Nusaphala Persada yang terdampak banjir akan dibebaskan biaya penggunaan jalan tol.
"Jasa Marga mendukung penuh kebijakan Pemerintah. Selaku operator jalan tol, kami terus berupaya agar pengguna jalan tol tetap merasa aman dan nyaman dengan melakukan penyedotan di beberapa titik genangan air, penyiagaan rambu dan petugas hingga melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan mengenai berbagai update informasi mengenai genangan air di jalan tol Jasa Marga,” ujar Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani.
Direktur Operasional PT Citra Marga Nusaphala Persada, Tbk, Djoko Sapto menyampaikan, “Pada prinsipnya kami mendukung upaya Pemerintah dalam memberikan kenyamanan dan keselamatan kepada masyarakat dan pengguna jalan. Saat ini juga di jalan tol yang dikelola oleh CMNP telah dimasuki oleh kendaraan roda dua karena jalan di arteri tidak dapat dilintasi akibat dari banjir yang melanda Jakarta. Kami juga terus berusaha untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jalan” (dh).
Foto: Istimewa