Home » » Pushidrosal Bakal Hadiri Pertemuan Penting Internasional EAHC dan SWPHC

Pushidrosal Bakal Hadiri Pertemuan Penting Internasional EAHC dan SWPHC

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-01-28

Pushidrosal dibawah kepemimpinan Laksda TNI Harjo Susmoro telah berperan penting di berbagai forum hidrografi dunia
Jakarta (WartaMerdeka) - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) pada 3-7 Februari akan mengirim delegasinya dalam pertemuan East Asia Hydrographic Commission (EAHC) di Tokyo Jepang dan Pertemuan ke-7 South West Pacific Hydrographic Commission (SWPHC) pada 10-14 Februari berlangsung di Wollongong, Australia.


Terkait hal itu, Pushidrosal menggelar rapat yang dihadiri perwakilan Mabes TNI dan TNI AL serta para stakeholder terkait untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Pushidrosal dalam menghadapi kedua pertemuan penting tersebut (27/1). Juga, guna memperoleh masukan dan saran dari para stakeholder terkait sebagai bahan bagi delegasi Pushidrosal.

Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro selaku pemimpin rapat didampingi para pejabat utama Pushidrosal menyampaikan, dalam pertemuan EAHC dan SWPHC ini delegasi Pushidrosal tak hanya mewakili TNI dan TNI AL saja, tetapi juga mewakili delegasi Indonesia.

Kiprah dan peran Pushidrosal sebagai wakil Indonesia dalam bidang hidrografi telah diakui di kancah internasional. Hal ini dapat dilihat dari apresiasi berbagai organisasi hidrografi dunia atas kinerja selama ini, seperti menjadi Council Member International Hydrographic Organization (IHO), Vice Chair East Asia Hydrographic Commission (EAHC), Vice Chair North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC), menjadi anggota South West Pacific Hydrographic Commission (SWPHC), serta menjadi Chairman MSS-ENC (Malacca Singapore Strait-Electronic Navigational Charts).

“Kita akan terus meningkatkan kiprah dan peran dalam kancah internasional dalam bidang hidrografi, hal ini sebagai salah satu wujud diplomasi Angkatan Laut dan diplomasi maritim Indonesia dalam mendukung kebijakan luar negeri Indonesia” tegas Kapushidrosal yang juga menjabat Vice Chairman East Asia Hydrographic Commission (EAHC) periode 2018-2021. Karena posisinya sebagai Vice Chairman, maka secara otomatis Kapushidrosal akan menjadi EAHC Chairman periode 2021- 2024. Dan, Indonesia telah menjadi anggota SWPHC sejak 22 Februari 2018 dalam pertemuan di Fiji (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia