Home » » Balikpapan Fest 2020 Beri Peluang Besar Bagi Perkembangan Ekonomi Kreatif

Balikpapan Fest 2020 Beri Peluang Besar Bagi Perkembangan Ekonomi Kreatif

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-02-09

Balikpapan mulai melirik potensi pariwisata dan industri kreatif sebagai potensi daerahnya
Balikpapan (WartaMerdeka) – Even 'Balikpapan Fest 2020' yang berlangsung pada 5-16 Februari di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, tak hanya sebagai pesta budaya tapi juga menjadi ruang untuk berkembangnya ekonomi kreatif di Balikpapan. Walikota Balikpapan Rizal Effendi di acara pembukaan 'Balikpapan Fest 2020', di Balikpapan Tennis Stadium (6/2), mengatakan, 'Balikpapan Fest 2020' yang mengusung tema 'The Age of Collaboration' membuka ruang seluas-luasnya bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk berkembang luas.

'Balikpapan Fest 2020' menyuguhkan enam konten menarik, mulai dari Food & Music, Fashion, Dance Festival, Folklore & Orchestra, Carnival, hingga Film Festival.
“Industri pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan pertumbuhan bagi sebagian ekonomi dunia, termasuk Indonesia. Di tahun inilah saya merasa adalah tahun kebangkitan bagi ekonomi kreatif di Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan. Untuk itu saya sangat membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat. Jika ekonomi kreatif tumbuh maka masyarakat sejahtera,” ujar Rizal Effendi.

Menurut Rizal, Balikpapan dan Kalimantan Timur pada umumnya cukup lama tertidur dan nyaman dengan keberadaan sumber daya alam yang lama kelamaan tentunya akan habis. “Jadi kita merasa ada sektor lain yang tidak dikembangkan selama ini, yakni pariwisata dan ekonomi kreatif. Kami mulai bangkit untuk mencoba mensejahterakan masyarakat pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dimana bahan-bahannya semua sudah tersedia di alam,” jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Balikpapan, Doortje Marpaung, menyebut 'Balikpapan Fest 2020' bagian dari HUT Balikpapan ke-123. Acara ini kolaborasi seni, hiburan, budaya, fashion, dan ekonomi kreatif. “Inilah saatnya berkolaborasi untuk kota Balikpapan. Makanya tema yang kami usung sekarang adalah 'The Age of Collaboration'. Selain itu, basis game dan e-sport dinilai juga bisa mendongkrak ekonomi kreatif selain yang utama yakni kuliner dan kriya. Kami berupaya untuk menampung anak-anak muda agar bisa tumbuh berkembang di sektor ekonomi kreatif," kata Doortje Marpaung.

Rangkaian acara 'Balikpapan Fest 2020' dimulai dengan BPN Go 123 yang berlangsung pada 5 Februari. Kemudian pada 7 hingga 9 Februari digelar 'Balikpapan Fashion Week' di Balikpapan Superblock. Dimana program Fashion ini diramaikan dengan Fashion Bazaar, Lifestyle, Fashion Designer Talkshow, dan Thematic Stage for Run Away.

Balikpapan Fest 2020 berlangsung 5-16 Februari padukan berbagai kreasi kearifan lokal
Untuk Talkshow, hadir aktris Laudya Cynthia Bella bersama 30 desainer terkenal. ‘Balikpapan Film Festival' digelar 11 Februari di Gedung Kesenian Balikpapan menghadirkan Film Workshop, Screening, Awarding Night, hingga Artist Talk. Selanjutnya ada 'Coastal Sunset Tale' (Festival Pesisir) akan berlangsung pada 13-16 Februari di Pantai Manggar, Kota Balikpapan. Festival ini dimeriahkan dengan traditional culture performance, seafood bazaar, art installation, dan orchestra. Kanal lain berupa boat competition, festival layang-layang, cooking, juga PAUD competition.

Rangkaian acara berlanjut dengan Balikpapan Fashion Carnival yang akan berlangsung pada 15 Februari. Fashion Show kolosal tersebut menghadirkan suasana karnaval, pertunjukkan budaya dan kostum tematik di runway sepanjang 2 kilometer yang akan disiapkan (ma/ag).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia