Home » » Pushidrosal Dorong EAHC Perkokoh Riset Dan Kapasitas Kelembagaan

Pushidrosal Dorong EAHC Perkokoh Riset Dan Kapasitas Kelembagaan

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-02-05

Peran Pushidrosal di forum EAHC tunjukkan hasil positif dalam banyak hal
Tokyo (WartaMerdeka) - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) meningkatkan peran sertanya pada regional East Asia Hydrographic Commission (EAHC) dalam pertemuan Training, Research and Development Centre - Board of Directors Meeting (TRDC-BOD) EAHC di Tokyo, Jepang, 3-4 Februari 2020.

TRDC-BOD merupakan kelompok kerja dibawah EAHC bertugas melaksanakan riset dan training dan pengembangannya dalam pembangunan kapasitas lembaga hidrografi di Kawasan Asia Timur, mengacu standar dari IHO. Kehadiran Indonesia pada TRDC–BoD dipimpin langsung Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro, didampingi Dirpamkersamtas Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono yang sekaligus Vice Chair TRDC BOD, Kolonel Laut (P) Oke Dwiyana. P, dan Letkol Laut (KH) Moh. Qisthi Amarona sebagai anggota resmi TRDC-BOD.


Menurut Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro, Pushidrosal sebagai lembaga hidrografi nasional senantiasa dituntut terus berperan aktif meningkatkan kemampuannya di bidang survei hidrografi dan kartografi sehingga mampu menghadapi tantangan masa depan. Perubahan yang memerlukan perhatian khusus terutama terkait beberapa perubahan besar dari kriteria teknis peta elektronik (Electronic Navigational Chart/ ENC) sebagaimana mandat organisasi IHO yaitu untuk menuju kepada migrasi dari S-57 menuju S-100 standards.


Pertemuan ini juga dihadiri negara anggota EAHC, yaitu Jepang sebagai tuan rumah (dalam hal ini Japan Hydrographic Department of Japan Coast Guard), Brunei Darussalam, China, Filipina, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Selain itu turut hadir perwakilan negara di luar keanggotaan EAHC yaitu Inggris dan Vietnam sebagai Observer (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia