Home » » Asah Ilmu Hidrografi, Pushidrosal Gelar Pendidikan ENC Dan ECDIS

Asah Ilmu Hidrografi, Pushidrosal Gelar Pendidikan ENC Dan ECDIS

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-03-11

Para awak kapal perang/KRI TNI AL peroleh pendidikan hidrografi dari Pushidrosal
Jakarta (WartaMerdeka) - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut TNI AL (Pushidrosal) menggelar pemantapan dan pengetahuan Hidros tentang Electronic Navigational Chart (ENC) dan Electronic Chart Display Information System (ECDIS) bagi pengawak kapal perang/KRI, di Gedung Serbaguna Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara (10/03).


Kegiatan selama tiga hari (10-12/3) yang dibuka Wakapushidrosal Laksma TNI Trismadi mewakili Kapushidrosal, bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel tentang ENC dan ECDIS sebagai pengawak peralatan navigasi KRI guna mendukung tugas pokok TNI AL dalam rangka menegakkan hukum dan kedaulatan negara di laut.



Dalam amanat Kapushidrosal dibacakan Wakapushidrosal, ditekankan Pushidrosal merupakan kotama operasi dan juga kotama pembinaan TNI AL yang bertugas menyelenggarakan operasi survei dan pemetaan Hidro-Oseanografi militer maupun nasional yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan hidup laut, dan keselamatan navigasi pelayaran serta menyiapkan data dan informasi di wilayah perairan dan yuridiksi nasional dalam mendukung kepentingan TNI maupun publik untuk mempertahankan negara dan pembangunan nasional.



Pemantapan pengetahuan Hidros saat ini terdiri dari kegiatan teori dan praktek berbasis komputer dan perangkat lunak pendukung kelas. Peserta diperkenalkan pengetahuan dasar ENC dan ECDIS serta pengenalan IHO(S-4, S-57 dan S-63) termasuk pengoperasian ECDIS dan ENC yang dapat mendukung tugas para pengawak navigasi KRI. Kegiatan diikuti 80 peserta, terdiri dari 60 peserta kursus berasal dari Koarmada I: 34 personel, Koarmada II: 12 personel, Koarmada III: 4 personel dan Kolinlamil 10 personel (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia