loading...
Home » , » Investor Tiongkok Di Indonesia Sumbang Alat Kesehatan Guna Tangani Covid 19

Investor Tiongkok Di Indonesia Sumbang Alat Kesehatan Guna Tangani Covid 19

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-03-27

Bantuan investor Tiongkok sebanyak 40 ton tiba di gudang kargo bandara Soekarno Hatta Tangerang
Tangerang (WartaMerdeka) - Hasil kerja antar Kementerian dan Lembaga di Indonesia, telah mendatangkan 40 ton bantuan alat kesehatan bagi penanganan Covid-19, berasal dari berbagai investor asal Tiongkok yang investasi di Indonesia. Bantuan tersebut didatangkan atas kerja sama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, BNPB, Bea Cukai, Garuda Indonesia, dan Angkasa Pura II.

Seluruh bantuan tersebut diangkut pesawat Boeing 777 Garuda Indonesi, bertolak dari Bandara Pudong Shanghai pada Kamis pukul 19.15 waktu setempat (26/3), dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jumat dini hari pukul 01.40 (27/3).

“Bantuan ini berasal dari investor tiongkok yang berfokus pada hilirisasi minerba. Alhamdulillah bantuan tahap 1 sudah tiba dengan selamat, selanjutnya minggu ini akan datang lagi tahap 2, kami bergerak cepat," ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Agung Kuswandono di Terminal Kargo 530 Bandara Internasional Soekarno Hatta (27/3).

Pasokan medis itu terdiri dari test kit Covid-19, swab kit, masker N95, masker bedah, hingga alat pelindung diri seperti baju, kacamata, sarung tangan, dan sebagainya. Seluruh bantuan tersebut nantinya akan didistribusikan melalui BNPB, rumah sakit-rumah sakit, dan jaringan beberapa Fakultas Kedokteran.

Sebelumnya Juru Bicara Kemenko Marves Jodi Mahardi menyampaikan, para investor Tiongkok memberi sumbangan untuk membantu proses penanganan Covid-19. Donatur tersebut sebagian besar investor yang berinvestasi di Indonesia seperti di Morowali, Weda Bay, Obi, Kendari, Konawe, dan sekitarnya. Investor itu mengirimkan bantuan untuk membantu penanganan pandemi secara nasional, khususnya daerah tempat mereka berinvestasi.

Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB, sekaligus perwakilan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Harmensyah, menyampaikan apresiasi atas bantuan ini. "Kami berjanji untuk langsung didistribusikan,” jelasnya (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia