-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Mahasiswa ITN Malang Kunjungi Pushidrosal Pelajari Sistem Peta Laut Indonesia

2020-03-14 | 09.03 WIB Last Updated 2020-03-14T02:03:19Z
Petugas Pushidrosal sedang menjelaskan pembuatan Peta Laut Indonesia kepada mahasiswa ITN Malang
Jakarta (WartaMerdeka) - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menerima kunjungan Mahasiswa Teknik Geodesi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang di Kantor Pushidrosal Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur Jakarta Utara (12/03).

Kegiatan ini merupakan kunjungan studi Eskursi agar para mahasiswa dapat mengetahui peranan ilmu yang dipelajarinya dalam aplikasi di dunia nyata. Selain itu, juga akan memperkaya pengetahuan mengenai penerapan ilmu geodesi pada proses pembuatan Peta Laut Indonesia (PLI). Kepala Sub Direktorat Perencanaan Kemampuan (Kasubditrenpuan) Direktorat Potensi Maritim (Ditpotmar) Pushidrosal Letkol Laut (KH) Muddan Zayadi, mewakili Kapushidrosal menerima 77 orang mahasiswa ITN dipimpin dosen pembimbing Adkha Yulianandha, S.T., M.T., dan Heri Setiawan, A.Md selaku pendamping.

Pesan Kapushidrosal dibacakan Letkol Muddan menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa serta merupakan kehormatan tersendiri karena menjadi salah satu obyek untuk belajar mendalami ilmu kelautan. Disampaikan pula tentang tugas pokok Pushidrosal berdasarkan peraturan Presiden Nomor 62/2016 yaitu membina, menyelenggarakan dan mengembangkan fungsi-fungsi survei dan pemetaan, baik untuk kepentingan pertahanan militer maupun kepentingan umum. Tugas dan tanggung jawab yang di emban oleh Pushidrosal harus mampu memenuhi tuntutan kritikal publik dalam menyiapkan data, informasi Hidro-Oseanografi di seluruh perairan NKRI dengan akurat, mutakhir dan terpercaya.

Di bidang militer dan pertahanan, Pushidrosal dituntut mampu menyediakan data dan Informasi yang akurat serta mutakhir sebagai data dasar yang akan digunakan sebagai bahan analisa strategi pertahanan nasional dan menjamin kesiapan serta ketersediaan peta laut dan peta tempur juga informasi Hidrografi Oseanografi dan Meteorologi yang dapat digunakan untuk mendukung kepentingan peperangan laut dan juga pertahanan.

Di bidang penelitian kelautan, ada penelitian kelautan yang dapat dikembangkan sesuai spesifikasi fungsinya pada bidang Hidrografi, Oseanografi, Lingkungan Laut dan Geo dinamika laut, hal ini dilaksanakan dengan lembaga departemen dan non departemen baik nasional dan internasional, perguruan tinggi, pertamina termasuk pariwisata laut dan lain-lain. Mahasiswa ITN juga melihat ke satuan kerja yang berhubungan dengan kelautan yaitu ke Dinas Hidrografi, Dinas Veranautika, Dinas Produksi Distribusi dan Dinas Pemetaan (bp).

Iklan

×
Berita Terbaru Update