Indonesia Miliki Komitmen Kuat Tangani Limbah Plastik

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia dengan kebijakan yang jelas tangani limbah plastik Jakarta ( WartaMerdeka ) – Kendati se...

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia dengan kebijakan yang jelas tangani limbah plastik
Jakarta (WartaMerdeka) – Kendati sedang disibukkan dengan upaya penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia tetap komit tidak melupakan kebijakan strategis lainnya, seperti mengenai penanganan limbah plastik. Hal ini diutarakan Menko Maritim dan Investasi/Marves Luhut B. Pandjaitan saat jadi pembicara kunci dalam konferensi virtual internasional tentang Radically Reducing Plastic Pollution: Digital Launch of Indonesia's Multi-Stakeholder Action Plan bersama Global Plastic Action Partnership.

“Indonesia berkomitmen penuh untuk mengimplementasikan program pembangunan berkelanjutan dan untuk memerangi limbah plastik dan sudah menjadi salah satu agenda prioritas nasional kami,” kata Menko Luhut di Jakarta (22/04). Presiden Jokowi telah mengambil langkah strategis dengan menetapkan Peraturan Presiden Nomor 97/2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, serta Peraturan Presiden Nomor 83/2018 tentang Penanganan Sampah Laut, di dalamnya memuat Rencana Aksi Penanganan Sampah Plastik di Laut 2018-2025.

Menurutnya, upaya pengurangan sampah plastik di laut dilakukan terintegrasi dalam lingkup nasional, regional, dan global, terutama melalui pengurangan sampah yang berasal dari aktifitas di darat. “Saya bangga mengumumkan, Indonesia memilih bukan apa yang mudah, tetapi apa yang benar. Daripada bertahan dengan pendekatan "business as usual,” kami akan menerapkan pendekatan perubahan sistem penuh untuk memerangi limbah plastik dan polusi,” jelas Luhut.

Menurut Luhut, Indonesia bergabung dengan Global Plastic Action Partnership, sebuah platform kolaborasi publik-swasta baru yang diluncurkan di World Economic Forum tahun lalu, karena Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan Kemitraan Aksi Plastik Nasional Indonesia (NPAP), ​​kemitraan inklusif dan digerakkan oleh solusi mengatasi tantangan polusi plastik. Kemitraan yang sama saat ini sedang dipersiapkan untuk Ghana, dan segera juga untuk Vietnam.

“Melalui NPAP Indonesia, kami telah menciptakan platform untuk menyatukan pemikiran terbaik Indonesia untuk menghadapi polusi plastik bersama-sama, dari peneliti ke bisnis dan masyarakat sipil. Dengan senang hati kami meluncurkan dan membagikan kepada Anda hari ini Rencana Aksi berbagai pemangku kepentingan (multistakeholder) NPAP dengan lima intervensi perubahan sistem yang dapat mendukung Indonesia mengurangi 70% polusi plastik pada 2025,” ungkapnya.

Intervensi tersebut antara lain mendesain ulang produk plastik dan kemasan dengan penggunaan kembali dan daur ulang bernilai tinggi, dan meningkatkan pengumpulan sampah plastik dengan meningkatkan sistem pengumpulan sektor yang didanai negara dan informal atau swasta.

Pada kesempatan sama, Kristin Hughes, Direktur Global Plastic Action Partnership yang juga anggota Komite Eksekutif World Economic Forum mengapresiasi langkah besar Indonesia dengan menunjukkan contoh kelas dunia tentang cara menangani masalah yang kompleks, yaitu polusi plastik, melalui pendekatan multipihak kolaboratif dan efisien.

“Kami melihat kekuatan komunitas di Indonesia dan di seluruh dunia, menjadi semakin penting untuk bersatu dengan cara-cara baru dan kreatif, untuk secara terbuka bertukar keahlian dan pengalaman, serta bertindak secara serentak memecahkan masalah paling mendesak yang dihadapi,” pujinya (ma).

Foto: abri

WM Multiplex

Nama

Advertorial,3,Alutsista,48,ATHG,258,Bela Negara,195,Bencana,4,Berita Duka,1,Covid-19,23,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,140,Ekraf,12,Gaya Hidup,70,Gaya Hidup Sehat,4,Gender,1,Hankam,7,Hidup Sehat,132,Hukum,2,Internasional,225,IPTEK,1,Jabodetabek,3,Jendela,1,Jendela nusanfa,2,Jendela Nusantara,270,Kanker Pankreas,4,Kearifan Lokal,9,Kebhinekaan,4,Kegiatan Sosial,16,Kesehatan,14,Lingkungan,198,Luar Negeri,17,Maritim,4,Multilateral,1,Nasional,9,Obat Alami,4,Olahraga,20,Opini,4,Pariwisata,8,Pesona Indonesia,117,Politik,12,Ragam,276,Redaksi,1,Sastra,1,Sastra Budaya,15,SDM,244,Sehat,38,Sejarah,7,Seni Budaya,21,Seputar Kemerdekaan,2,Sorotan,5,Tani,3,Tani Darat,104,Tani Laut,27,Teras Indonesia,111,TNI / POLRI,3,TNI-POLRI,3,Transportasi,77,Travel,2,UMKM,3,Warta Merdeka,1,Wawasan,8,Wisata,7,
ltr
item
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka: Indonesia Miliki Komitmen Kuat Tangani Limbah Plastik
Indonesia Miliki Komitmen Kuat Tangani Limbah Plastik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBhXiyVkuECIndsQlQp2sGjkQPEd0tFdhGhkAuYid_wQBzAu0okjQ1HYtGip8GckQhQc9mXjuFINNlx9EuZLFmErFBkx_E_0mQsskxJWbg15JaEulvBL78MoowLH7Be6fCCpyCXILpyEY/s400/Indonesia+merupakan+salah+satu+negara+di+dunia+dengan+kebijakan+yang+jelas+tangani+limbah+plastik.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBhXiyVkuECIndsQlQp2sGjkQPEd0tFdhGhkAuYid_wQBzAu0okjQ1HYtGip8GckQhQc9mXjuFINNlx9EuZLFmErFBkx_E_0mQsskxJWbg15JaEulvBL78MoowLH7Be6fCCpyCXILpyEY/s72-c/Indonesia+merupakan+salah+satu+negara+di+dunia+dengan+kebijakan+yang+jelas+tangani+limbah+plastik.JPG
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka
https://www.wartamerdeka.web.id/2020/04/indonesia-miliki-komitmen-kuat-tangani.html
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/2020/04/indonesia-miliki-komitmen-kuat-tangani.html
true
7022093466243617840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy