loading...
Home » » Lawan Covid-19, Pengembangan Desa Wisata Danau Toba Segera Disiapkan

Lawan Covid-19, Pengembangan Desa Wisata Danau Toba Segera Disiapkan

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-04-18

Desa wisata sekitar destinasi super prioritas segara dibenahi untuk menarik wisatawan usai redanya pandemi covid-19
Jakarta (WartaMerdeka) – “Sekarang kita tinggal bahas siapa berbuat apa, time table, berapa dana yang dihabiskan, Juli kita mulai bekerja, kalau tidak bisa kita mundur sebulan. Kemudian, kita membagi pekerjaan kepada kementerian/lembaga terkait agar terintegrasi. Kita ikutkan pula ahli kultur orang Batak. Semua sudah tergambar apa yang harus dilakukan tiap kementerian/lembaga, jadi koordinasi juga harus ketat walaupun kita phsycal distancing,” ujar Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Panjaitan, saat video conference Rakor Pengembangan Desa Wisata Danau Toba (15/4).

Ada 10 Desa Wisata yang rencananya akan dikembangkan di Destinasi Super Prioritas/DSP Danau Toba, diantaranya terletak di Kabupaten Humbang Hasundutan (3 Desa), Kabupaten Toba (4 Desa) dan Kabupaten Tapanuli Utara (3 Desa). Dari Desa tersebut, berbagai kebutuhan infrastruktur wajib dibenahi, di antaranya perbaikan akses jalan (7 Desa), air bersih (5 Desa), pelatihan SDM (3 Desa) dan perbaikan rumah adat (2 Desa).

Nantinya, tujuh kementerian akan gotongroyong mendukung yang sudah disepakati bersama. Misal Kemenparekraf mengejar penyelesaian master plan Desa Wisata, pendampingan serta pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat untuk mengelola Desa Wisata. Kemendes PDT akan mengontrol pengelolaan Dana Desa untuk kebutuhan bersama dan pendampingan pengelolaan BUMDES. Lalu, Kementerian PU-PR melakukan perbaikan akses jalan menuju dan dalam kawasan Desa, perbaikan rumah masyarakat untuk homestay, penataan kawasan permukiman, dan pembangunan fasilitas pengolahan sampah dan IPAL.

Lalu Kemenhub akan bangun dermaga dan halte pemberhentian Bus Air dan penyediaan angkutan wisatawan dengan Bus Air. Kemendikbud, KLHK, Kemenkominfo dan juga BUMN, seperti Pertamina dan pihak swasta yakni Airy, tak ketinggalan juga peran serta dari Pemda harus menerjemahkan dukungan dan keinginan kuat masyarakat setempat (dh).

Foto: abri

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia