loading...
Home » » Satgas TNI Di Kongo Kembali Berhasil Bujuk Pemberontak Serahkan Diri

Satgas TNI Di Kongo Kembali Berhasil Bujuk Pemberontak Serahkan Diri

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-04-20

Satgas TNI yang sedang jalani misi pasukan perdamaian PBB di Kongo
Kongo (WartaMerdeka) – TNI yang menjalani misi pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa/PBB di Kongo atau Satgas TNI Konga XXXIX-B RDB Mission de IOrganisation des Nations Unies pour La Stabilisation en République Démocratique du Congo (MONUSCO), ditengah pandemi virus covid-19 saat ini, tetap jalani misi LRP (longe range patrole) dan LRM (long range mission) ke berbagai daerah operasinya di Kongo.

Saat patroli, Satgas TNI berhasil membujuk mengembalikan ke masyarakat 3 orang ex-combatan MM Usaeni Kelopok Kadongo disertai 3 pucuk senjata laras panjang jenis AK-47 dan 3 buah magazen di Desa Lukengwe Kalemie Provinsi Tanganyika, Republik Demokratik Kongo (19/4). Komandan Satgas yang diwakili Wadan Satgas Letkol Inf Hadrianus Yossy S. Buanan menyampaikan, Kompi Alpha yang dipimpin Mayor Inf Bayu berhasil jalani tugasnya dan menyerahkan secara resmi 3 orang ex-combatan ke Indo RDB atas nama Ibrahim Juma Kahite (64), Mulumba Makongolo (60) dan Kilo Malumbi (21) MM Usaeni kelompok Kadongo disertai senjata dan amunisi.

“Keberhasilan kali ini merupakan sebagai wujud nyata dari berbagai kegiatan positif Satgas TNI yang telah dilakukan seperti LRM Kompi Alpha beberapa hari sebelumnya dipimpin Kapten Inf Moch. Chorik dan LRP di wilayah Area of Responcibility (AoR) tidak jauh dari desa Lukengwe (32 KM dari Kalemie) Provinsi Tanganyika,” ucap Wadan Satgas.

Letkol Inf Hadrianus mengatakan, dengan adanya kedekatan personel Satgas TNI RDB saat sosialisasi pencegahan penularan virus Corona, ternyata meraih simpati kuat masyarakat, khususnya warga Desa Lukengwe yang dikemas dalam berbagai kegiatan CIMIC terbatas berupa medical assistance, psychology treatment dan smart library.

Senjata dan amunisi lalu diserahkan kepada staf Monusco dalam hal ini Disarmament Demobilization Reintegration (DDR) untuk dilaksanakan proses lebih lanjut sesuai ketentuan PBB. “Penyerahan diri dari 3 orang Ex Combatan beserta senjatanya merupakan kelanjutan dari penyerahan senjata yang sebelumnya didapat dari Kompi Bravo belum lama ini dilaksanakan,” jelas Letkol Hadrianus. Wadan Satgas atas nama Dansatgas mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit yang telah berhasil membuahkan hasil dalam menjalankan misinya dengan baik (bp).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia