loading...
Home » » Sinergi Kemenko Marves, KLHK dan PRAISE Guna Cegah Covid-19

Sinergi Kemenko Marves, KLHK dan PRAISE Guna Cegah Covid-19

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-04-29

Sepuluh daerah zona merah covid-19 diberi bantuan dari sinergi Pemerintah dan swasta
Jakarta (WartaMerdeka) – Upaya redam penyebaran Covid-19, serta membantu masyarakat terdampak pandem global ini terus dilakukan. Seperti sinergi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dengan PRAISE dan didukung Human Initiative, beri bantuan ke masyarakat di Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (29/04).

Bantuan yang diberikan antara lain 1 unit fasilitas cuci tangan portable, hand sanitizer, sabun, serta produk makanan dan minuman. Penyerahan bantuan secara simbolis disampaikan Sekretaris Kemenko Marves, Agung Kuswandono didampingi Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Nani Hendiarti dan Ketua Umum PRAISE, Karyanto dan diterima Lurah Kampung Bali, Etik Kusmiati.

Penyerahan dilaksanakan di Kantor Kemenko Marves sekaligus menandai langkah awal atau kick off penyampaian bantuan di 9 lokasi lainnya di sekitar Jabodetabek yang akan didistribusikan melalui dukungan Human Initiative. Agung memuji kolaborasi yang baik antara pemerintah dan pihak swasta, diwakili PRAISE dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Dalam menghadapi situasi saat ini memang semua pihak harus saling membantu dan berkolaborasi agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona ini. Tentunya bantuan yang diberikan kepada masyarakat di harapkan dapat memberikan rasa semangat untuk tetap sehat dan tetap berada dirumah selama pandemi," ujar Agung.

Nani menambahkan, penerapan pola hidup bersih dan sehat yang kini digaungkan Gerakan Indonesia Bersih sangat relevan untuk dilaksanakan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah dan menerapkan pola hidup bersih, salah satunya dengan cuci tangan.

Sedangkan Ketua Umum PRAISE Karyanto Wibowo mengatakan, “kami bekerjasama dengan Kemenko Marves dan KLHK beri fasilitas cuci tangan di beberapa tempat umum di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Selain itu, kami juga membagikan produk makanan dan minuman serta kebutuhan rumah tangga lainnya sebagai wujud kepedulian PRAISE terhadap masyarakat terdampak dari pandemi ini.”

Sinergi Pemerintah dan swasta ini adalah bagian dari implementasi Program Gerakan Indonesia Bersih (GIB) yang digagas Kemenko Marves. Secara khusus, aksi GIB dalam mendukung pencegahan Covid-19 bertujuan mengedukasi masyarakat. Dan, menyediakan fasilitas cuci tangan untuk warga agar menjaga kebersihan tangan, sebagai salah satu cara efektif mengurangi penyebaran Covid-19. Serta, memberi bantuan berupa makanan dan minuman bergizi.

PRAISE (Packaging and Recycling Association for Indonesia Sustainable Environment/Asosiasi Untuk Kemasan & Daur Ulang Bagi Indonesia yang Berkelanjutan) merupakan asosiasi untuk kemasan dan daur ulang bagi Indonesia berkelanjutan, yang diluncurkan pada 2010 untuk mengokohkan komitmen terciptanya pengelolaan sampah kemasan di Indonesia yang holistik, terintegrasi dan berkesinambungan. PRAISE didirikan oleh Coca-Cola Indonesia, Danone Indonesia, PT Indofood Sukses Makmur Tbk., PT Nestle Indonesia, Tetra Pak Indonesia, dan PT Unilever Indonesia Tbk (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia