loading...
Home » » Pelihara Ketahanan Pangan, Dharma Pertiwi Daerah P Bagi Benih Tanaman Sayuran

Pelihara Ketahanan Pangan, Dharma Pertiwi Daerah P Bagi Benih Tanaman Sayuran

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-06-18

Isteri Prajurit Kodam XVIII/Kasuari turut memelihara ketahanan pangan dengan bercocok tanam 
Manokwari(WartaMerdeka) – Guna perkuat ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19, Ketua Umum Dharma Pertiwi Daerah P, Retno Ali Hamdan Bogra menyerahkan benih tanaman sayuran kepada semua unsur di jajaran Dharma Pertiwi Daerah P, di Markas Komando (Mako) Yonif 761/Kibibor Akinting, Manokwari, Papua Barat (17/6).
Menurut Retno, untuk menjawab persoalan pangan, “bukan hanya tanggungjawab petani sebagai garda terdepan, namun kita harus ikut berpartisipasi aktif sehingga ketersediaan pangan dapat tercukupi untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Untuk itu, sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan yang besar, Dharma Pertiwi mengajak semua jajarannya untuk menanam sayur-sayuran di lahan sekitar.”
“Kegiatan yang kita lakukan ini sangatlah penting dan sejalan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2002 tentang ketahanan pangan, dimana ketahanan pangan merupakan hal yang sangat penting dalam rangka pembangunan nasional guna membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas, mandiri, dan sejahtera melalui ketersediaan pangan yang cukup, aman, bermutu, bergizi, dan beragam, serta tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia dan terjangkau oleh daya beli masyarakat,” kata Retno, isteri Pangdam XVIII/Kasuari.
Mengingat pentingnya ketahanan pangan ini, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19, maka Dharma Pertiwi Daerah P menerima 80 paket benih tanaman sayuran dari Dharma Pertiwi Pusat dan mendistribusikan kepada jajarannya dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan bagi anggota Dharma Pertiwi beserta keluarganya. “Benih tanaman sayuran tersebut tidak harus ditanam di lahan yang luas. Benih dapat ditanam di pekarangan rumah dan lingkungan sekitarnya sehingga dapat menjadikan pekarangan sebagai kawasan rumah pangan lestari," jelasnya.
Retno berharap kepada seluruh anggota Dharma Pertiwi Daerah P agar selalu mengisi waktu di rumah dengan memanfaatkan lahan tidur di sekitar untuk menanam kebutuhan pangan sehari-hari sebagai upaya ketahanan pangan dan menambah penghasilan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia