loading...
Home » » Asah Kewaspadaan, Pushidrosal Latihan Tanggulangi Kebakaran

Asah Kewaspadaan, Pushidrosal Latihan Tanggulangi Kebakaran

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-07-14

Materi teori dan praktek diajarkan ke seluruh personil Pushidrosal tentang cara mengatasi kebakaran 
Jakarta (WartaMerdeka) – Seluruh Prajurit Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL atau Pushidrosal melaksanakan latihan simulasi penanggulangan  kebakaran menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) berjenis CO2, Dry Chemicals dan Clean Agent, di lapangan apel Markas Komando Pushidrosal setelah apel pagi dilaksanakan, di Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara (13/07)
Kegiatan rutin yang dilakukan setiap enam bulan sekali tersebut, dimaksudkan agar setiap personel Pushidrosal memiliki respon cepat untuk dapat menanggulangi atau pencegahan dini apabila terjadinya bahaya kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Diharapkan, setiap personel dapat memahami dan menerapkannya jika terjadi kebakaran sehingga kerugian personel dan materiil dapat dihindari.
Dalam latihan ini, Perwira Staf Oprasi (Pasops) Denma Mako Pushidrosal Mayor Laut (P) Taufik beserta jajarannya menjelaskan tentang teori penanggulangan dan pencegahan apabila terjadinya kebakaran, sekaligus diperagakan bagaimana memakai alat-alat pemadam kebakaran tersebut dengan cepat dan tepat.
Baju anti Api, selang, sepatu, dan Alat Pelindung Diri (APD) dari Api serta perlengkapan lainnya ikut di gelar untuk diperkenalkan dan dipraktekkan kepada personel guna penyelamatan korban apabila terjadi kebakaran.
Ada beberapa pedoman yang harus dilakukan apabila ingin memadamkan api saat terjadinya kebakaran. Metode yang diajarkan, seperti, matikan arus listrik sekitar lokasi kebakaran, ambil alat pemadam kebakaran atau Apar dan yakinkan ada isinya, lalu mencari titik api. Jangan sekali-kali berlawanan arah dengan angin saat kita memadamkan api. Harus searah dengan arah angin, setelah itu cabut pin/kunci di Apar lalu lakukan penyemprotan di titik api/sumber api dipastikan hingga mati dan terakhir kunci kembali Apar dan kembalikan pada tempatnya (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia