loading...
Home » » Saatnya Gairahkan Potensi Wisata Domestik

Saatnya Gairahkan Potensi Wisata Domestik

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-07-18

Wisata domestik jadi prioritas dimasa pandemi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan
Jakarta (WartaMerdeka) – “Kita akan mencari terobosan apa saja agar tetap semangat memulihkan pariwisata secara bertahap“, ucap Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Maritim dan Investasi/Marves Kosmas Harefa, saat jwebinar bertema Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Bisnis Perjalanan Wisata, di Kantor Kemenko Marves, Jakarta (17/).


Kosmas menyebut, sampai akhir 2020, upaya pemulihan kepariwisataan adalah dengan wisata domestik. Ini artinya, wisata domestik yang harus dikelola dengan baik. Terlebih tren wisata ke depan, para wisatawan saat melakukan perjalanan sangat memperhatikan faktor kesehatan, kebersihan, keselamatan, dan keamanan.
“Oleh sebab itu, ini penting bagi pelaku industri wisata agar semuanya harus merujuk kepada upaya-upaya yang memberikan jaminan-jaminan ke wisatawan terkait kesehatan, kebersihan, keselamatan, dan keamanan adalah yang nomor satu”, jelas Kosmas. Dalam webinar ini, ada Co-Founder of Traveloka, Albert Zhang, yang dalam paparannya mengatakan, agar mempercepat pemulihan pariwisata Traveloka menerapkan 3 tahap strateginya.
“Pertama mulai membuka akses di dalam kota, kedua secara bertahap membuka akses antar kota jika perjalanan wisata dinilai aman, tahap ketiga baru mulai membuka akses antar negara dimulai dari negara tetangga dan negara lain yang dinilai relatif aman untuk dikunjungi”, urai Albert. Selain itu, Albert menambahkan, selama pandemi Traveloka juga sangat aktif untuk berinovasi membantu mitra UMKM nya yang sangat terdampak. Seperti mitra restoran, atraksi, akomodasi (bed and breakfast, guest house, losmen), tour guide, dan penyedia jasa life style.
Adapun Inovasi yang dilakukan Traveloka untuk mitra akomodasinya, seperti program Long Stay Promo. ”Kita berusaha mendorong mitra akomodasi kita untuk bisa memberi layanan Long Stay Promo kepada ahli-ahli medis atau konsumen-konsumen yang ingin mengisolasi diri di masa pandemi ini”, terang Albert.  Juga ada Sale dan Buy Now, Experience Later. Ini juga sangat membantu mitra UMKM traveloka karena perputaran uang akan terjadi dan bisa masuk ke dalam mitra tersebut dahulu.
Yang lainnya, Traveloka punya juga program Online Experience, kelas online yang dibawakan oleh profesional ternama. Ini langkah awal dari traveloka untuk mendukung program nasional Bangga Buatan Indonesia. “Ini memungkinkan pengguna untuk menambah wawasan dari pelaku ekonomi kreatif yang berbakat di tanah air secara digital”, ucap Albert. Sedangkan kampanye Traveloka Clean dan dukungan terhadap protokol kesehatan dari pemerintah juga terus digaungkan. Dengan demikian traveloka mempromosikan kepada penggunanya bahwa mitra UMKMnya telah menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.
Narasumber lainnya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Rusmiati, turut memberikan cara dalam rangka memulihkan pariwisata saat ini. Pertama, dengan wisata domestik dan private tour. Kedua, memperhatikan harga transportasi. Ketiga untuk destinasi wisata dapat memilih wisata alam atau desa wisata, dan hindari tempat yang ramai. Keempat tetap memperhatikan CHS (Clean, Health, and Safety).
 “Intinya tren wisata pasca covid-19 ini yaitu wisata domestik menjadi referensi, objek wisata alam lebih populer, wisatawan dari kalangan muda lebih bersemangat untuk bepergian, dan konsumen memerlukan pengalaman wisata baru”, saran Rusmiati. Selain itu, Rusmiati mengatakan ASITA melakukan inovasi mengadakan ASITA Wise Travel Fair 2020 pada 27-29 November 2020 mendatang di Ice BSD City, Tangerang, guna mempromosikan 34 provinsi dengan harga yang fantastis (ma).
Foto: Kemenparekraf

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia