loading...
Home » » Terbit, Buku Panduan Protokol Kesehatan Pelayanan Makanan Minuman

Terbit, Buku Panduan Protokol Kesehatan Pelayanan Makanan Minuman

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-07-14

Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia terbitkan buku terkait layanan di masa pandemi
Jakarta (WartaMerdeka) – "Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada APJI (Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia) yang berinisiatif meluncurkan buku panduan ini, melengkapi panduan yang telah ada sehingga dapat benar-benar menjadi pedoman bagi pengusaha makanan dan minuman," kata Menparekraf/Kepala Baparekraf Wishnutama Kusubandio dalam acara peluncuran yang berlangsung di Hotel Borobudur (13/7).


Buku ini berisi panduan umum dan panduan khusus, mencakup lima cluster bidang pelayanan makanan dan minuman. Yakni di rumah makan, cafe, dan restoran, layanan makanan dan minuman pernikahan di gedung dan rumah ibadah, layanan makanan dan minuman di pesawat terbang (inflight catering), layanan makanan dan minuman untuk tempat pertemuan (ruang meeting), serta layanan makanan dan minuman untuk pelayanan karyawan pabrik yang umumnya memiliki karyawan berjumlah banyak.
Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Umum APJI Rahayu Setiowati, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani, serta Editha Duarte dari Politeknik Jakarta Internasional.
Wishnutama menyebut, kuliner merupakan salah satu subsektor unggulan dari ekonomi kreatif yang berkontribusi terbesar terhadap PDB ekonomi kreatif Indonesia, yaitu sebesar 41 persen atau Rp 410 triliun pada 2017. Sehingga kehadiran protokol layanan makanan dan kesehatan yang diluncurkan oleh APJI diharapkan bisa mendorong industri makanan dan minuman agar dapat beroperasi kembali dan tetap produktif namun tetap aman dari Covid-19.
kehadiran buku panduan ini ditekankan Wishnutama Kusubandio tidak menjadi seremonial belaka, namun diikuti dengan pelaksanaan protokol yang penuh rasa tanggung jawab, disiplin, dan peduli antarsesama. Kemenparekraf sebelumnya juga meluncurkan buku panduan untuk hotel dan restoran, sebagai turunan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.
Buku panduan dari APJI diharapkan dapat melengkapi panduan yang telah ada karena berisikan informasi lebih detail. Dibuat oleh para pelaku industri sehingga langsung menyentuh titik kritis dalam perlindungan pelayanan di sektor makanan dan minuman.
Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani di kesempatan sama mengatakan, panduan untuk layanan makanan dan minuman dari APJI dapat memperkuat panduan protokol kesehatan di bidang layanan makanan dan minuman yang telah ada sebelumnya. "Kami yakin industri siap untuk menerapkan protokol pencegahan Covid-19, namun kalau demand itu tidak ada maka tetap akan terjadi masalah," aku Hariyadi mengingatkan.
Ketua Umum APJI Rahayu Setiowati menggarisbawahi, buku panduan disusun oleh tim penyusun APJI dengan merujuk ke berbagai peraturan yang ada, baik dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan, Kemenparekraf, Pemprov DKI, PHRI serta koordinasi dengan pihak-pihak kompeten lainnya melalui kegiatan daring yang dilakukan sejak satu bulan terakhir (ag/ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia