loading...
Home » » Kapushidrosal Inspeksi Persiapan Balikpapan Sebagai Pelabuhan Utama Ibukota Negara

Kapushidrosal Inspeksi Persiapan Balikpapan Sebagai Pelabuhan Utama Ibukota Negara

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-08-15

Balikpapan ditetapkan sebagai gerbang utama menuju ibukota negara yang baru di Penajam Passr Utara 
Balikpapan (WartaMerdeka) – Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Kapushidrosal) Laksda TNI Harjo Susmoro, melakukan inspeksi Operasi Survei dan Pemetaan (Opssurta) hidro-oseanografi penyiapan Alur dan Fasilitah Pelabuhan (Faslabuh) ibukota negara di perairan Balikpapan dan Taritip di Kalimantan Timur (14/08).

Survei yang digelar, selain untuk mendukung rencana penyiapan alur dan faslabuh Ibukota negara, juga merupakan bentuk tanggung jawab Pushidrosal  dengan menyiapkan data hidrografi dan oseanografi, peta laut di lokasi rencana pangkalan TNI AL di perairanTeluk Balikpapan serta menjamin keselamatan bernavigasi di perairan Taritip , selat Makassar yang merupakan Jalur ALKI II perairan Indonesia.
Kapushidrosal didampingi Kol. Laut (P) Andri Kristianto  (Dan Lanal Balikpapan), Kol. Laut (KH) Haris Djoko Nugroho (Direktur Operasi Survei dan Pemetaan Pushidrosal), Kol. Laut (P) Iswantono (Staf Ahli Pushidrosal) dan Letkol Laut (KH) M. Yasin (Kepala Sub Direktorat Pengendalian Operasi Ditopsurta), melaksanakan inspeksi di daerah operasi, bertujuan melakukan monitoring, evaluasi dan assessment akurasi data hasil survei sesuai dengan standard survei S 44 , yang ditetapkan oleh International Hydrographic organization (IHO).
Saat ini Balikpapan sedang dipersiapkan sebagai gerbang utama menuju Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia yang baru, sehingga menjadikannyai sebagai salah satu kota penyangga untuk mendukung rencana pemindahan IKN ke wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara.
Sebagai tindak lanjut dalam mendukung visi poros maritim dan konektivitas tol laut khususnya maka Pushidrosal turut serta mendukung program pemerintah, TNI dan TNI AL dengan melaksanakan Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi di Perairan Teluk Balikpapan dan perairan Taritip Selat Makassar, guna perbarui data alur pelayaran dan publikasi nautika mendukung dan menjamin keselamatan dalam bernavigasi dan kegiatan kepelabuhanan di perairan Alur Balikpapan serta pengembangan fasilitas TNI AL melalui gelar Opssurta Pushidrosal (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia