loading...
Home » » TMMD Di Sintang, Dari Ajari Siswa PAUD Hingga Sosialisasi Karhutla

TMMD Di Sintang, Dari Ajari Siswa PAUD Hingga Sosialisasi Karhutla

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-10-25

Personil TMMD 109 Kodim 1205/Sintang saat mengajari anak dan orang tua di PAUD

Sambas/Kalbar
 (WartaMerdeka) – Kopda Irwanto, salah satu personel Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-109 Kodim 1205/Sintang, mengunjungi salah satu sekolah PAUD di Desa Tirta Karya Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat/Kalbar, untuk memberi pendidikan tambahan (25/10).

Didepan puluhan anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Ranting Suluh Kasih di Dusun Kedembak dan PAUD Suluh Kasih di Merakai, Irwanto menyampaikan pelajaran dan mengajak untuk mengunjungi perpustakaan apung yang diinisiasi oleh Dansatgas TMMD ke-109 Kodim 1205/Sintang, Letkol Inf Setyo Budiono. Pendirian perpustakaan tersebut menggandeng Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sintang.

Dansatgas memuji personilnya yang mau memberikan pelajaran tambahan di pedesaan. Kopda Irwanto juga mengajak seluruh orangtua untuk terus memotivasi dan mendampingi kegiatan belajar anak dengan membagikan beberapa tips, yaitu mencari buku dengan gambar dan warna yang menarik, pilih buku dengan isi tulisan yang singkat dan menyenangkan, iringi dengan pertanyaan mengenai buku bacaan, dan selingi pula dengan permainan.

Satgas TMMD Sintang juga memberi penyuluhan tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat, di Balai Dusun Nanga Sekapat, Desa Tirta Karya (22/10). Lembaga yang digandeng Satgas TMMD untuk penyuluhan karhutla, adalah unit dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), yaitu Manggala Agni, yang berperan cukup besar jika timbul karhutla.

Dampak karhutla disamping bisa menggangu warga sekitar, juga berdampak sebaran asapnya ke negara tetangga. Terlebih, lokasi Desa Tirta Jaya berada di perbatasan dengan negara Malaysia. Diharapkan masyarakat dapat mengurangi dan membantu pemerintah agar karhutla dapat diminimalisir bahkan ditiadakan, seperti tidak bercocok tanam dengan cara membakar lahan.

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia