loading...
Home » » Pemda Maybrat Bantu Hibah Tanah Ke Kodam XVIII/Kasuari

Pemda Maybrat Bantu Hibah Tanah Ke Kodam XVIII/Kasuari

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-11-06

Pemkab Maybrat di Papua Barat bantu TNI sediakan lahan kantor Kodim

Maybrat/Papua Barat
 (WartaMerdeka) –  “Kami Pemda Maybrat akan memberikan hibah bangunan kepada TNI,  yang merupakan perhatian kami, Pemda Maybrat kepada TNI. Semoga kerja sama ini tetap terjaga dan terjalin dengan baik. Lahan dan bangunan yang akan kami serahkan kepada TNI ini akan dibuatkan dalam bentuk sertifikat," ujar Bupati Kabupaten Maybrat Bernard Sagrim, kepada Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa (4/11).

"Selaku Kepala Daerah, saya juga menyampaikan banyak terima kasih atas perekrutan anak-anak Maybrat menjadi anggota TNI melalui jalur Otsus (Otonomi Khusus). Hal ini sangat kami apresiasi. Kami juga menyampaikan doa semoga bapak beserta jajaran selalu diberkati Tuhan dalam setiap menjalakan tugas,” tambah Bernard.

Dalam acara ini, diwarnai dengan pemberian Piagam Penghargaan dan Plakat oleh Pangdam XVIII/Kasuari kepada Bupati Kabupaten Maybrat. Selain itu, Piagam Penghargaan juga diberikan kepada Izak Yekwan (tokoh adat pemilik hak ulayat tanah Kampung Suswa/Mare), Abner Way S.Hut (tokoh intelektual pemilik hak ulayat tanah Kampung Patase Aitinyo Barat), Yohanes Wafom (pemilik hak ulayat lahan Kodim persiapan Maybrat/Kumurkek), dan Markus A.N (tokoh adat Kampung Irohe Aitinyo).

Pangdam saat kunjungan kerja ke Maybrat, selain bertatap muka dengan para pejabat usur Forkopimda setempat, juga menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) Hibah untuk Kantor Kodim 1809/Maybrat.

Kehadiran Kodim 1809/Maybrat, kata Pangdam, sebagai Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) yang akan membantu Pemda, dengan melakukan Pembinaan Teritorial (Binter), yakni upaya pengelolaan pertahanan di daerah melalui pendekatan atau metode pembinaan dari aspek Komunikasi Sosial, Ketahanan Wilayah, dan Bakti TNI.

"Melalui pelaksanaan tugas perbantuan terhadap Pemda, Satkowil memainkan perannya dalam mendorong proses pembangunan di daerah, yang berkorelasi dengan terpenuhinya berbagai kepentingan publik. Hal ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menciptakan stabilitas keamanan. Keberadaan institusi teritorial juga berperan dalam menengahi berbagai kelompok masyarakat yang terdiri dari berbagai kepentingan, yang terkadang sulit disatukan dan seringkali menimbulkan konflik sosial," jelas Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa (bp).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia