loading...
Home » » Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Miliki Potensi Luar Biasa

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Miliki Potensi Luar Biasa

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-11-13

Wamen LHK Alue Dohonh terkesima dengan kecantikan pesona Taman Nasional Eawa Aopa Watumohai

Kendari/Sulteng
 (WartaMerdeka) – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong mengunjungi Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TN-RAW) di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (12/11), berjarak waktu 2 jam dari kota Kendari, Sulawesi Tenggara/Sulteng.

TN RAW memiliki wilayah seluas 105.194 Hektare (Ha), di dalamnya ada 15 kecamatan di 4 Kabupaten. Satwa khas di TN RAW antara lain adalah Anoa (Bubbalus sp), Burung Maleo (Macrocephalon maleo), dan Kakatua Kecil Jambul Kuning (Cacatua sulphurea).

Topografi yang dimiliki TN RAW sangat unik, berupa 4 ekosistem yaitu rawa, pegunungan, padang savana dan hutan mangrove disertai hutan tropis. Hal tersebut juga yang membuat Alue Dohong terkesan, karena ekosistem yang unik dan jarang ditemukan di TN lain.

"Ini merupakan kekayaan Indonesia, permata bangsa dan harus kita jaga kelestariannya," aku Alue Dohong. TN RAW menerapkan sistem zonasi dalam pengelolaan wilayahnya. Terdapat zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan, zona tradisional, dan zona rehabilitasi.

Pada zona pemanfaatan, Wamen meminta kepada Balai TN RAW untuk memberdayakan masyarakat di sekitar TN dengan mengajak serta mengelola TN melalui program kemitraan konservasi. TN RAW memiliki potensi wisata yang sangat besar, keunikan alam dan keanekaragaman hayati di dalamnya dapat menarik pengunjung, baik untuk wisata maupun penelitian.

Menurut Alue, pemberdayaan masyarakat dapat diwujudkan melalui kemitraan dalam mengelola ekowisata. Dengan demikian, masyarakat dapat memperoleh penghasilan, sekaligus menjaga TN. "Pada prinsipnya, wisata alam itu apabila semakin indah alamnya, maka akan semakin banyak pengunjungnya," tambah Alue.

Pada kesempatan ini, Wamen Alue Dohong beserta rombongan menyempatkan mengunjungi lokasi edukasi berupa tempat pengembangbiakan atau breeding insitu Rusa Timor, dan meninjau kondisi hutan mangrove yang ada di TN RAW (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia