loading...
Home » » Kodam XVIII/Kasuari Tambah Dua Satuan Baru

Kodam XVIII/Kasuari Tambah Dua Satuan Baru

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-12-02

Kehadiran satuan baru di Kodam XVIII/Ksr menjawab tantangan yang besar di Papua Barat

Manokwari
 (WartaMerdeka) – Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa melantik Komandan Korem (Danrem) 182/Jazira Onim (JO) Kolonel Inf Yudha Medy Dharma Zafruk dan Komandan Brigif (Danbrigif) 26/Gurana Piarawaimo (GP) Letkol Inf Faisol Izuddin Karimi, di aula Makodam XVIII/Kasuari, Trikora Arfai 1, Manokwari, Papua Barat (2/12).

Sejalan rencana strategis penataan organisasi Kodam pada 2020-2024, kata Pangdam, maka pada tahun ini akan diresmikan Korem 182/JO dan Brigif 26/GP melengkapi gelar kekuatan jajaran satuan teritorial dan satuan manuver Kodam XVIII/Kasuari. "Terkait hal itu, pada hari ini diselenggarakan pelantikan pejabat definitif yang akan memimpin satuan tersebut dalam rangka menyiapkan peresmian berdirinya satuan Korem 182/JO dan Brigif 26/GP,” jelasnya.

Kehadiran Korem 182/JO dan Brigade 26/GP merupakan sebagai sebuah kebutuhan bagi operasional Kodam XVIII/Kasuari dalam rangka pengembangan organisasi, baik sebagai Kotama Pembinaan maupun Kotama Operasi. Satuan baru Korem 182/JO akan membawahi 4 Kodim definitif (Kodim 1803/Fakfak, Kodim 1804/Kaimana, Kodim 1806/Teluk Bintuni, Kodim 1808/Manokwari Selatan/Mansel) dan 2 Kodim persiapan (Kodim persiapan Teluk Wondama dan Pegunungan Arfak/Pegaf), yang merupakan Alih Kodal dari Korem 181/PVT.

Adapun Brigif 26/GP membawahi tiga Yonif, yakni dua Yonif merupakan satuan Alih Kodal dari Kodam XVIII/Kasuari dan Korem 181/PVT (Yonif RK 762/Vira Yudha Sakti dan Yonif 764/Iamba Baua) serta satu Yonif pembentukan baru (Yonif 763/Sanetia Buerama Amor).

“Dengan terbentuknya satuan baru tersebut nantinya akan dapat meningkatkan kemampuan satuan kewilayahan dan satuan manuver Kodam XVIII/Kasuari dalam menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan menjaga stabilitas keamanan di wilayah Provinsi Papua Barat. Selain itu, pengembangan satuan baru ini juga diharapkan dapat membawa dampak positif dalam pembangunan aspek kesejahteraan bagi segenap masyarakat di wilayah Provinsi Papua Barat,” terang Pangdam.

Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa mengingatkan kepada pejabat baru dilantik, agar cepat menyesuaikan diri karena tantangan tugas dan tanggung jawabnya cukup berat. “Oleh sebab itu, segera laksanakan koordinasi yang baik dengan para pejabat terkait di lingkungan Kodam   XVIII/Kasuari dan jalin komunikasi yang harmonis dengan para pejabat kepala daerah setempat,” pesannya.

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia