Masbehi Ajak Masyarakat Waspadai Ancaman Separatis dan Radikalisme

Yogyakarta (WartaMerdeka) – Sekelompok warga yang menyebut dirinya Masyarakat Bela Keutuhan NKRI (Masbehi) Yogyakarta menggelar aksi damai di Titik N

Dari ormas Yogyakarta menyuarakan aksi damai untuk menjaga keutuhan NKRI

Yogyakarta
 (WartaMerdeka) – Sekelompok warga yang menyebut dirinya Masyarakat Bela Keutuhan NKRI  (Masbehi) Yogyakarta menggelar aksi damai di Titik Nol Kilometer, Yogyakarta (30/11). Koordinator aksi, Muhammad Alvin Khoiru mengatakan, aksi ini bentuk keprihatinan kepada kondisi Indonesia karena keutuhan NKRI dalam bahaya. “Kita merasa prihatin dengan kondisi Indonesia yang sedang diuji keutuhannya,” ujar Alvin kepada awak media.

Alvin menyebut, gerakan separatis di Papua yang terus menelan korban karena keberadaan OPM yang didukung oleh sayap gerakan politik didalam dan luar negeri. “Masbehi mendorong pemerintah untuk melanjutkan program Otonomi Khusus (Otsus) dan pembangunan yang lebih nyata bagi Provinsi Papua dan Papua Barat,” jelasnya.

Masbehi mendukung langkah TNI Polri untuk menangani aksi  separatisme yang terjadi di wilayah Papua. “TNI dan Polri harus bertindak tegas terhadap segala bentuk upaya dan praktik kelompok-kelompok separatisme yang sengaja merongrong persatuan dan kesatuan NKRI,” tambahnya.

Alvin juga menghimbau kepada mahasiswa Papua yang sedang menuntut ilmu di Yogyakarta, untuk tidak mendukung ide separatis Papua. “Yogyakarta terbuka dan ramah terhadap semua saudara se bangsa dan se tanah air, sepanjang tidak mengganggu keutuhan NKRI. Karena Yogyakarta berperan besar dalam sejarah bangsa ini,” terangnya.

Selain itu, aksi anarkisme, terorisme, hingga radikalisme, yang masih terjadi di Indonesia. Contoh terbaru, kata Alvin, terkait kasus pembantaian di Sigi, di mana empat orang dalam satu keluarga yang dibunuh oleh kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora. Masbehi pun mengutuk keras tindakan itu dan meminta kehadiran serta ketegasan negara mengusut hingga tuntas tragedi tersebut.

“Dari aksi ini kita ingin terus menjaga NKRI agar jangan sampai terpecah belah oleh beberapa oknum tersebut. Kita berbeda, tapi tetap satu karena kita punya Bhinneka Tunggal Ika, apa pun yang merugikan persatuan bangsa dan menodai kemanusiaan tidak bisa dibenarkan entah dari mana asalnya,” tegasnya.

Alvin menjelaskan, peserta aksi damai kali ini berjumlah sekitar 200 orang dengan beberapa ormas yang berbeda. Tidak hanya itu saja, beberapa pelaku usaha atau PKL yang berjualan di area Malioboro dan sekitarnya juga ikut dilibatkan. Aksi dimulai dari halaman parkir selatan Pasar Beringharjo hingga orasi di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

Masbehi Yogyakarta yang didalamnya terdapat unsur seniman, budayawan, pengacara, politisi, mahasiswa, buruh serta aktivis perempuan secara tegas menyatakan bangsa Indonesia harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika demi tegak dan utuhnya NKRI.

Menyikapi berbagai permasalahan yang terjadi saat ini, Masbehi Yogyakarta menyerukan seluruh elemen bangsa mengedepankan asas musyawarah mufakat dengan menempatkan semangat persatuan di atas kepentingan individu, kelompok maupun golongan (lw).

WM Multiplex

Nama

Advertorial,3,Alutsista,48,ATHG,258,Bela Negara,195,Bencana,4,Berita Duka,1,Covid-19,23,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,140,Ekraf,12,Gaya Hidup,70,Gaya Hidup Sehat,4,Gender,1,Hankam,7,Hidup Sehat,132,Hukum,2,Internasional,225,IPTEK,1,Jabodetabek,3,Jendela,1,Jendela nusanfa,2,Jendela Nusantara,270,Kanker Pankreas,4,Kearifan Lokal,9,Kebhinekaan,4,Kegiatan Sosial,16,Kesehatan,14,Lingkungan,198,Luar Negeri,17,Maritim,4,Multilateral,1,Nasional,9,Obat Alami,4,Olahraga,20,Opini,4,Pariwisata,8,Pesona Indonesia,117,Politik,12,Ragam,276,Redaksi,1,Sastra,1,Sastra Budaya,15,SDM,244,Sehat,38,Sejarah,7,Seni Budaya,21,Seputar Kemerdekaan,2,Sorotan,5,Tani,3,Tani Darat,104,Tani Laut,27,Teras Indonesia,111,TNI / POLRI,3,TNI-POLRI,3,Transportasi,77,Travel,2,UMKM,3,Warta Merdeka,1,Wawasan,8,Wisata,7,
ltr
item
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka: Masbehi Ajak Masyarakat Waspadai Ancaman Separatis dan Radikalisme
Masbehi Ajak Masyarakat Waspadai Ancaman Separatis dan Radikalisme
Yogyakarta (WartaMerdeka) – Sekelompok warga yang menyebut dirinya Masyarakat Bela Keutuhan NKRI (Masbehi) Yogyakarta menggelar aksi damai di Titik N
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgcZQJtOf3vZm_Tfj4WhQ1zD03jvTnSbUCjYBWysmuHLzcb4qsJLHeEeugqxkSBVlPPxIqxXvmMNMM7LObeJFynJ4P-N5v9YzYfjPnHi-K1rx5qVvrCUChPV-7XbD9ZbdzkkKit8o2_X_E/w400-h185/PHOTO-2020-11-30-12-55-18.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgcZQJtOf3vZm_Tfj4WhQ1zD03jvTnSbUCjYBWysmuHLzcb4qsJLHeEeugqxkSBVlPPxIqxXvmMNMM7LObeJFynJ4P-N5v9YzYfjPnHi-K1rx5qVvrCUChPV-7XbD9ZbdzkkKit8o2_X_E/s72-w400-c-h185/PHOTO-2020-11-30-12-55-18.jpg
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka
https://www.wartamerdeka.web.id/2020/12/masbehi-ajak-masyarakat-waspadai.html
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/2020/12/masbehi-ajak-masyarakat-waspadai.html
true
7022093466243617840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy