loading...
Home » » Penyelundupan Satwa Ilegal Di Perbatasan Kalbar Digagalkan TNI

Penyelundupan Satwa Ilegal Di Perbatasan Kalbar Digagalkan TNI

Posted by WARTA MERDEKA on 2020-12-29

Satwa ilegal yang ditemukan TNI diserahkan ke pos karantina perbatasan di Entikong
Sanggau/Kalbar
 (WartaMerdeka) – TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas berhasil menggagalkan upaya penyelundupan satwa ilegal, di Jalur Inspeksi Patroli Perbatasan (JIPP) Sektor Pos Segumun, Dusun Segumun, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggu, Kalimantan Barat (Kalbar).

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas Letkol Inf Alim Mustofa menyebut, upaya mencegah peredaran barang-barang ilegal masuk ke wilayah Indonesia yang dilakukan anggotanya membuahkan hasil setelah berpatroli dini hari (25/12).

“Satgas mengamankan 50 ekor burung jenis Kacer pada saat anggota Pos Segumun melaksanakan ambush di jalan JIPP sektor wilayah yang dipimpin oleh Serda Oji Kharisma bersama tiga orang anggota lainnya,” jelasnya.

Burung jenis Kacer tersebut diamankan ketika anggota Satgas Yonif 642 melihat dua orang keluar dari jalan tikus kemudian hendak masuk ke JIPP. Namun saat dikejar, pelaku berlari ke arah Malaysia dengan meninggalkan barang bawaannya berupa burung jenis Kacer.

“Barang bukti berupa 50 ekor burung jenis Kacer selanjutnya dibawa ke Pos Kotis Entikong untuk diamankan dan kemudian diserahkan kepada pihak Stasiun Karantina Pertanian dan Hewan Entikong,” kisahnya.

Menurut Letkol Inf Alim Mustofa, mendekati pergantian tahun, biasanya kegiatan ilegal di perbatasan RI-Malaysia meningkat.

“Satgas akan terus konsisten untuk meningkatkan pengawasan dengan melaksanakan kegiatan patroli dan ambush di jalur-jalur yang diwaspadai sebagai jalur keluar masuknya barang ilegal,” ungkapnya (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia