loading...
Home » » Grab Indonesia Bidik Layanan Ekstra Di Destinasi Super Prioritas

Grab Indonesia Bidik Layanan Ekstra Di Destinasi Super Prioritas

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-01-12

Program Grab Indonesia mendukung kebijakan Menparekraf baru bangkitkan pariwisata Tanah Air
Jakarta (WartaMerdeka) – “Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa satu tahun ini akan cukup berat. Jadi, kita fokus pada penyiapan lima destinasi super prioritas. Penyiapan ini bukan hanya infrastrukturnya atau transportasinya saja, tetapi juga pengalaman yang akan kita siapkan untuk para wisatawan,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, saat berdialog dengan Grab Indonesia secara daring, di Jakarta (9/1).

Oleh karena itu, Menparekraf berinisiasi meningkatkan kerja sama dengan Grab, untuk menyiapkan platform pariwisata digital agar wisatawan bisa memperoleh pengalaman baru dalam berwisata. President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, menjabarkan potensi kerja sama disesuaikan dengan pilar program Sandiaga, mengembangkan parekraf, yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Ia menjelaskan, inovasi yang akan dilakukan Grab, yakni pariwisata digital dengan layanan Grab Travel Pass yang dapat diimplementasikan di tiap destinasi super prioritas (DSP), yaitu Labuan Bajo, Mandalika, Likupang, Borobudur, dan Danau toba.

“Jadi dengan aplikasi tersebut wisatawan tidak hanya bisa order untuk mobilitasnya saja, tapi juga makanan, dan bahkan bisa untuk booking hotel, pesen tiket atraksi wisata, serta ada juga telemedicine. Kita sediakan layanan digital satu paket yang mencakup hal-hal tersebut,” terang Ridzki.

Menurut Ridzki, Grab juga telah menyiapkan 5,000 unit EV Tourism, yaitu kendaraan listrik untuk mendukung aktivitas pariwisata yang ramah lingkungan. Ada EV roda empat, roda dua, dan juga scooter. “Untuk EV roda empat telah disiapkan di Bandara Soekarno Hatta, sedangkan e-scooter sangat cocok untuk diimplementasikan pada kawasan wisata, seperti Taman Wisata Candi Borobudur,” tambahnya.

Sementara, terkait dengan adaptasi, Grab Indonesia mendukung sepenuhnya protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Susntainability). Dengan standar terbaru yang dirumuskan oleh pemerintah, Grab meluncurkan GrabCar Protect dan GrabBike Protect, dilengkapi dengan partisi dan perangkat kebersihan, serta sertifikasi protokol CHSE untuk merchants GrabFoods. Ini dilakukan untuk mendorong kepercayaan, kenyamanan, dan keamanan wisatawan di DSP.

Terakhir, kolaborasi melalui akselerasi digitalisasi UMKM ekonomi kreatif dan membuka kesempatan kerja. Grab Indonesia juga mendukung gerakan #BeliKreatifLokal, sebagai program kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi pemerintah untuk mendukung pertumbuhan UMKM ekraf di tengah pandemi COVID-19.

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia