loading...
Home » » Indonesia Patut Bangga Miliki Alat Deteksi Covid-19 Produksi Anak Bangsa

Indonesia Patut Bangga Miliki Alat Deteksi Covid-19 Produksi Anak Bangsa

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-01-24

Alat GeNoSe adalah produksi Universitas Gajah Mada dan siap dipakai untuk umum deteksi Covid-19
Jakarta (WartaMerdeka) –  “GeNoSe juga menjadi satu kebanggaan Indonesia, karena alat ini merupakan asli buatan oleh anak bangsa,” ucap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan, saat  menghadiri uji coba pemanfaatan alat deteksi Covid-19 produksi dalam negeri, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat (23/1).

Hal ini sejalan dengan kampanye Bangga Buatan Indonesia yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Melalui alat ini, juga ditunjukkan, bangsa Indonesia juga dapat berinovasi serta memberikan solusi bagi permasalahan pandemi Covid-19. GeNoSe digunakan untuk meningkatkan skrining Covid-19 melalui embusan nafas dengan tahap 4T, yaitu Tracking, Tracing, Testing, dan Treatment.

Alat GeNoSe melakukan deteksi melalui hembusan nafas, sehingga memberikan rasa nyaman dan dapat digunakan oleh masyarakat dari anak-anak hingga lansia. Pengecekan melalui alat GeNoSe juga bisa didapatkan dengan harga terjangkau. “Alat GeNoSe menjadi solusi dari permasalahan alat screening dan diagnosis yang saat ini masih cukup mahal dan ketersediannya terbatas,” jelas Luhut.

Penggunaan alat GeNoSe telah diakui oleh Kementerian Kesehatan dan didukung Kementerian Perhubungan dengan menjadikan tes GeNoSe sebagai alat tes yang digunakan untuk aktifitas perjalanan masyarakat dengaan transportasi umum. “Alat ini akan mulai digunakan pagi pengguna transportasi umum kereta api pada 5 Februari,” sambung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Apresiasi disampaikan Luhut terhadap tim GeNose Universitas Gadjah Mada yang telah menyiapkan dan bekerja keras dalam menciptakan inovasi ini. “Saya berharap GeNose dapat segera menjadi alat tes yang digunakan secara luas oleh masyarakat dan dapat membantu pemerintah dalam melakukan upaya 4T,” tegas Luhut (dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia