loading...
Home » , , » Kemenparekraf Siapkan Langkah Strategis Hadapi Pandemi Covid-19

Kemenparekraf Siapkan Langkah Strategis Hadapi Pandemi Covid-19

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-01-14

Sektor parekraf segera pulih dengan sederet program strategis dari Kemenparekraf
Jakarta (WartaMerdeka) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Krearif (Kemenparekraf/Baparekraf) bahas beberapa langkah strategis untuk mitigasi dampak pandemi Covid-19 pada 2021.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat interview virtual dengan Tempo di Jakarta (13/1) menjelaskan, fokus utama menyiapkan langkah strategis di masa pandemi ini menekan penularan Covid-19 serta mendukung langkah pemerintah meningkatkan kepatuhan seluruh pihak terhadap protokol kesehatan (prokes).

Sandiaga menyebut, pihaknya memberi bantuan penyediaan kamar hotel dan bantuan pangan bagi tenaga kesehatan, tim medis, dan pasien OTG (Orang Tanpa Gejala).

Selain itu, siapkan strategi mendatangkan kembali wisatawan mancanegara yang harus menyesuaikan dengan strategi pemerintah. “Kita tahu bahwa border ini sedang ditutup pada 14 – 28 Januari 2021. Hal ini akan berdampak pada target-target yang pernah dicanangkan sebelumnya. Kita akan melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dengan memfokuskan pada wisatawan nusantara,” ulas Sandiaga.

Tak hanya itu saja, 17 subsektor ekraf yang mengalami dampak pande, nantinya akan diberikan fasilitasi berupa pendampingan dan peningkatan kompetensi, baik dari sektor animasi, film, musik dan lainnya. Hal ini dilakukan supaya pelaku ekonomi kreatif mampu bertransformasi dan beradaptasi di tengah akselerasi digital.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak bekerja sama dengan seluruh stakeholder dalam pengembangan sektor ekraf lewat 3G yaitu gercep (gerak cepat), geber (gerak bersama), dan gaspol (garap seluruh potensi untuk menyelamatkan lapangan kerja di sektor ini (ag/dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia