Kementan Tingkatkan Produksi Kedelai Lokal

Jakarta (WartaMerdeka) – Kementerian Pertanian (Kementan) dorong produksi kedelai dalam negeri. Ini dipacu untuk pemenuhan kedelai domestik kedepannya

Mentan Syahrul Yasin Limpo tekan impor kedelai dengan beri sitimulus kepada petani lokal
Jakarta (WartaMerdeka) – Kementerian Pertanian (Kementan) dorong produksi kedelai dalam negeri. Ini dipacu untuk pemenuhan kedelai domestik kedepannya, agar dapat dipenuhi secara mandiri. Pasalnya, kebutuhan kedelai setiap tahunya terus bertambah dan pemerintah berupaya menekan impor kedelai yang hingga saat ini masih tinggi.

"Kondisi ini menyebabkan pengembangan kedelai oleh petani sulit dilakukan. Petani lebih memilih untuk menanam komoditas lain yang punya kepastian pasar. Tapi kami terus mendorong petani untuk melakukan budidaya. Program aksi nyatanya kami susun dan yang terpenting hingga implementasinya di lapangan," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) usai Rapat Koordinasi dan MoU pengembangan serta pembelian kedelai nasional di Kantor Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Jakarta (4/1).

"Masalah kedelai yang ada adalah masalah global sehingga membuat harga kedelai yang ada secara global itu terpengaruh khususnya dari Amerika dan itu juga yang kita rasakan di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia ada kontraksi seperti ini di Argentina misalnya juga terjadi polemik polemik terkait produksi kedelai," sambungnya.

Oleh karena itu, menurut SYL, Kementan fokus melipatgandakan produksi atau ketersediaan kedelai dalam negeri. Produksi kedelai dalam negeri harus bisa bersaing baik kualitas maupun harganya melalui perluasan areal tanam dan mengenergikan para integrator, unit-unit kerja Kementan dan pemerintah daerah.

"Hari ini adalah kami sudah bertemu dengan jajaran Kementan dan juga melibatkan integrator  dan juga unit-unit kerja lain dari Kementerian dan pemerintah daerah untuk mempersiapkan kedelai nasional kita lebih cepat," jelasnya.

Suwandi, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan menambahkan, faktor lain yang menyebabkan meningginya harga kedelai impor yakni ongkos angkut yang juga mengalami kenaikan. Waktu transpor impor kedelai dari negara asal yang semula ditempuh selama 3 minggu menjadi lebih lama yaitu 6 hingga 9 minggu.

Suwandi menjelaskan, dampak pandemi covid 19 menyebabkan pasar global kedelai saat ini mengalami goncangan akibat tingginya ketergantungan impor. Peluang ini tentunya dimanfaatkan Kementan untuk meningkatkan pasar kedelai lokal dan produksi kedelai dalam negeri.

"Kita melakukan MoU antara Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) dengan Gabungan Kelompok Tani dengan investor dengan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan untuk meningkatkan kemitraan produksi dan memaksimalkan pemasaran serta penyerapan kedelai lokal milik petani," papar Suwandi.

Untuk diketahui, tingginya impor kedelai bukan semata-semata karena faktor produksi. Namun demikian, hal tersebut terjadi karena disebabkan kondisi kedelai merupakan komoditas non lartas yang bebas impor kapan saja dan berapun volumenya tanpa melalui rekomendasi Kementan. Terkait harga kedelai, saat ini terjadi kenaikan cukup signifikan sekitar 35 persen merupakan dampak pandemi, utamanya di negara-negara produsen seperti Amerika Serikat, Brasil, Argentina, Rusia, Ukraina dan lainnya. Harga kedelai impor yang selama ini digunakan oleh pengrajin tahu tempe di negara asal sudah tinggi, sehingga berdampak kepada harga di Indonesia menjadi lebih tinggi lagi (dh).

WM Multiplex

Nama

Advertorial,3,Alutsista,48,ATHG,258,Bela Negara,195,Bencana,4,Berita Duka,1,Covid-19,23,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,140,Ekraf,12,Gaya Hidup,70,Gaya Hidup Sehat,4,Gender,1,Hankam,7,Hidup Sehat,132,Hukum,2,Internasional,225,IPTEK,1,Jabodetabek,3,Jendela,1,Jendela nusanfa,2,Jendela Nusantara,270,Kanker Pankreas,4,Kearifan Lokal,9,Kebhinekaan,4,Kegiatan Sosial,16,Kesehatan,14,Lingkungan,198,Luar Negeri,17,Maritim,4,Multilateral,1,Nasional,9,Obat Alami,4,Olahraga,20,Opini,4,Pariwisata,8,Pesona Indonesia,117,Politik,12,Ragam,276,Redaksi,1,Sastra,1,Sastra Budaya,15,SDM,244,Sehat,38,Sejarah,7,Seni Budaya,21,Seputar Kemerdekaan,2,Sorotan,5,Tani,3,Tani Darat,104,Tani Laut,27,Teras Indonesia,111,TNI / POLRI,3,TNI-POLRI,3,Transportasi,77,Travel,2,UMKM,3,Warta Merdeka,1,Wawasan,8,Wisata,7,
ltr
item
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka: Kementan Tingkatkan Produksi Kedelai Lokal
Kementan Tingkatkan Produksi Kedelai Lokal
Jakarta (WartaMerdeka) – Kementerian Pertanian (Kementan) dorong produksi kedelai dalam negeri. Ini dipacu untuk pemenuhan kedelai domestik kedepannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZ-Tkm5Gzs-9G7H5i3ClfGvVAYWyeuZld-eMRwY6cpAPPpDBpAffGx__EpUgnoJsiZCITFm85_Dm9UCpl4ZzyCJ7ozu7idQxVOWqi0GkFOM1lsBsFWin2npEr65Yq5AdNe_8KdfiW_gus/w400-h265/syl_kedelai.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZ-Tkm5Gzs-9G7H5i3ClfGvVAYWyeuZld-eMRwY6cpAPPpDBpAffGx__EpUgnoJsiZCITFm85_Dm9UCpl4ZzyCJ7ozu7idQxVOWqi0GkFOM1lsBsFWin2npEr65Yq5AdNe_8KdfiW_gus/s72-w400-c-h265/syl_kedelai.jpeg
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/01/mentan-syahrul-yasin-limpo-tekan-impor.html
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/01/mentan-syahrul-yasin-limpo-tekan-impor.html
true
7022093466243617840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy