Food Estate Di Humbang Hasundutan Mulai Menuai Hasil

Humbanghas/Sumut (WartaMerdeka) – Perlahan tapi pasti, petani di kawasan food estate Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Humbanghas, Sumut),

Petani di Desa Ria Ria, Humbanghas, menikmati panen bawang merahnya
Humbanghas/Sumut
 (WartaMerdeka) – Perlahan tapi pasti, petani di kawasan food estate Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Humbanghas, Sumut), mulai menikmati hasil panennya. Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya melakukan pengembangan kawasan food estate berbasis hortikultura.

Berada di Desa Ria-Ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbanghas, terdapat 215 hektare lahan sudah digarap untuk penanaman bawang merah, bawang putih dan kentang. Bahkan sudah ada area bawang merah yang panen di Februari ini.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto menyebut keseluruhan food estate tahap pertama ini dikelola oleh petani Humbanghas, dan segera dibuka lagi lahan seluas 785 hektare untuk pengembangan food estate.

“Total area food estate yang akan kita kembangkan adalah 1.000 hektare. Ada lahan 215 hektare yang sudah kita kerjakan pada 2020. Sisanya 785 hektare ini sedang disiapkan CPCL-nya dan Insya Allah dalam waktu dekat CPCL sudah siap. Begitu siap, para investor sudah bisa masuk langsung. Tentunya para investor ini akan bekerja sama dengan petani,” papar Prihasto.

Petani bawang merah asal Desa Ria-Ria, Mariono Siregar mengungkapkan, “terima kasih kepada pemerintah karena food estate ini sangatlah membantu kami. Ini bawang yang baru saya panen, kualitasnya sangat bagus. Harganya Rp 10 ribu per kilogram rogol basah.” Sementara itu, terkait hasil panen, petani lain bernama Hotni Sihombing menyayangkan adanya pihak-pihak berkeluh kesah di media sosial atas nama petani. Mereka beropini hasil panen bawang dan kentang semuanya layu dan menguning. Padahal kenyataannya tidaklah begitu.

“Kita ini sudah dibantu pemerintah mulai dari Presiden Jokowi Bupati, Menteri Pertanian dan bupati. Apa tidak senang seperti ini? Dibantu pupuk, obat-obatan, uang harian sampai benih. Kurang apa lagi? Mereka yang beropini buruk itu mungkin tidak punya lahan di food estate ini. Intinya kami senang dibantu seperti ini oleh pemerintah,” kisahnya.

Saat ini lahan bawang merah, bawang putih dan kentang di food estate Desa Ria-Ria sudah tumbuh dengan subur. Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri jika ada beberapa bedeng yang tumbuhnya kurang baik. Hal ini dikarenakan cuaca ekstrem. Pada kondisi lembab, berkabut atau curah hujan tinggi, cendawan akan membentuk massa spora sangat banyak dan bisa menginfeksi daun. Akibatnya, lapisan luar daun menjadi layu dan mengering, bahkan bisa juga mengakibatkan umbi membusuk.

Selain cuaca, faktor tanah yang belum matang atau tanah garapan baru juga dapat berpengaruh pada kesuburan tanaman. Menurut Prihasto, dalam pengembangan kawasan di Sumut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengarahkan pembangunannya ke model industri hulu-hilir, termasuk pascapanen, sehingga nantinya akan ada marketplace seperti pasar modern.

"Sesuai arahan Menteri Pertanian SYL ke saya, target food estate berbasis hortikultura ini akan difokuskan pada peningkatan luas tanam dan produksi komoditas bawang merah, bawang putih dan kentang, sehingga dapat memperkuat kerja sama dan sinergi antar petani dengan stakeholders terkait," paparnya.

Lebih lanjut, Doktor Ilmu Tanah dari Universitas Putra Malaysia itu menuturkan, Kementan akan meningkatkan kapasitas petani dengan membentuk Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) untuk pengembangan komoditas hortikultura dan pengadaan benih hortikultura bermutu.

Pembangunan food estate berbasis hortikultura ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian petani di Sumut. Prihasto sangat optimis bahwa program super prioritas Kementan ini akan menjadi pembangkit kesejahteraan petani. Ke depannya, lokasi food estate di Desa Ria Ria bisa dikembangkan menjadi area agro edu wisata karena lokasinya didukung pemandangan alam yang cantik dan indah (ma).

WM Multiplex

Nama

Advertorial,3,Alutsista,48,ATHG,258,Bela Negara,195,Bencana,4,Berita Duka,1,Covid-19,23,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,140,Ekraf,12,Gaya Hidup,70,Gaya Hidup Sehat,4,Gender,1,Hankam,7,Hidup Sehat,132,Hukum,2,Internasional,225,IPTEK,1,Jabodetabek,3,Jendela,1,Jendela nusanfa,2,Jendela Nusantara,270,Kanker Pankreas,4,Kearifan Lokal,9,Kebhinekaan,4,Kegiatan Sosial,16,Kesehatan,14,Lingkungan,198,Luar Negeri,17,Maritim,4,Multilateral,1,Nasional,9,Obat Alami,4,Olahraga,20,Opini,4,Pariwisata,8,Pesona Indonesia,117,Politik,12,Ragam,276,Redaksi,1,Sastra,1,Sastra Budaya,15,SDM,244,Sehat,38,Sejarah,7,Seni Budaya,21,Seputar Kemerdekaan,2,Sorotan,5,Tani,3,Tani Darat,104,Tani Laut,27,Teras Indonesia,111,TNI / POLRI,3,TNI-POLRI,3,Transportasi,77,Travel,2,UMKM,3,Warta Merdeka,1,Wawasan,8,Wisata,7,
ltr
item
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka: Food Estate Di Humbang Hasundutan Mulai Menuai Hasil
Food Estate Di Humbang Hasundutan Mulai Menuai Hasil
Humbanghas/Sumut (WartaMerdeka) – Perlahan tapi pasti, petani di kawasan food estate Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Humbanghas, Sumut),
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-CUbHCVVOpnQgtF5B6vgH7JYmvCUC_-9CqoP_wTC5Z6kkB3Mt1Clhhqtw3ofZjhr2T37j-LnjxSQnWUtTtue6fzI8OXdKYzwtAgHY0nQ0bfwhdB-bcOLDlKf6cXCZBs9nxwQU37CzUYE/w400-h245/humbanghas_bawangmerah.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-CUbHCVVOpnQgtF5B6vgH7JYmvCUC_-9CqoP_wTC5Z6kkB3Mt1Clhhqtw3ofZjhr2T37j-LnjxSQnWUtTtue6fzI8OXdKYzwtAgHY0nQ0bfwhdB-bcOLDlKf6cXCZBs9nxwQU37CzUYE/s72-w400-c-h245/humbanghas_bawangmerah.jpeg
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/02/food-estate-di-humbang-hasundutan-mulai.html
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/02/food-estate-di-humbang-hasundutan-mulai.html
true
7022093466243617840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy