loading...
Home » » Indonesia-Hungaria Sepakati Kerja Sama Parekraf

Indonesia-Hungaria Sepakati Kerja Sama Parekraf

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-02-19

Rombongan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria Péter Szijjártó saat bertemu Menparekraf Sandiaga Uno 
Jakarta (WartaMerdeka) – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sepakat memperkuat kerja sama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dengan Hungaria.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat menerima audiensi Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria, Péter Szijjártó mengatakan, pariwisata merupakan salah satu sektor yang terkena dampak signifikan akibat pandemi. “Ini tentu jadi pukulan yang berat untuk negara-negara di ASEAN termasuk Indonesia, yang menjadikan pariwisata sebagai salah satu sumber penunjang ekonomi," kata Sandiaga di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenparekraf, beberapa hari lalu.

Menparekraf mengatakan, antara Indonesia dan Hungaria memiliki ruang besar untuk peningkatan kerja sama. Pada 2019 jumlah kunjungan wisatawan asal Hungaria tercatat sebanyak 14.218. Namun pada 2020 jumlahnya turun drastis akibat pandemi sebesar 3.559 wisatawan. Kemenparekraf akan melanjutkan berbagai program promosi yang telah dijalankan sebelumnya, seperti fam-trip, sales mission, serta berbagai festival dan eksibisi.

"Saat ini kami masih fokus pada penerapan protokol kesehatan dan peningkatan kunjungan wisatawan nusantara. Namun di waktu yang akan datang, ketika perbatasan dibuka tentu kami akan tetap menarik turis dari Hungaria," jelas Sandiaga. Indonesia-Hungaria juga miliki potensi besar dalam meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi kreatif khususnya di bidang teknologi informasi dan start-up.

Melihat semua tantangan dan peluang dalam situasi saat ini, pesatnya pertumbuhan startup berbasis teknologi dapat mendukung kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pandemi telah membuat disrupsi teknologi terjadi lebih cepat.

Selain itu, juga diutarakan keikutsertaan Indonesia di ajang Planet Budapest Expo and Conference tentang pariwisata berkelanjutan. "Kami memiliki direktorat di bidang MICE yang membidangi promosi, partisipasi, dan kemitraan di bidang MICE, yang akan memiliki program dan aktivitas yang sejalan dengan Budapest Expo," tambah Sandiaga.

Sementara Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria, Péter Szijjártó, menyampaikan apresiasi atas keterbukaan kerja sama Kemenparekraf untuk meningkatkan kerja sama dengan pemerintah Hungaria, khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Bali adalah salah satu destinasi favorit wisatawan Hungaria. Kami juga antusias untuk bekerja sama di bidang ekonomi kreatif, termasuk di fintech solution, artificial intelligence di sektor ekonomi kreatif serta perkembangan teknologi digital," ungkap Péter Szijjártó (vh/dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia