Pesona Brebes, Ayo Nikmati Desa Wisata Bahari Mangrove

Brebes/Jateng (WartaMerdeka) – "Harapan ke depan, mangrove bisa menjadi kebanggaan karena akan membawa dampak luar biasa juga pada desa sekitarnya. Ka

Lebih dari sepuluh tahun masyarakat sekitar merawat mangrove Pandansari dan kini menjadi indahb
Brebes/Jateng (WartaMerdeka) – "Harapan ke depan, mangrove bisa menjadi kebanggaan karena akan membawa dampak luar biasa juga pada desa sekitarnya. Kami ingin mangrove menjadi perhatian semua orang," ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Brebes, Mohammas Zuhdan Fanani, saat menerima kunjungan Tim Kemenko Maritim dan Investasi (Marves).

Seperti dikatakan Menko Marves Luhut B. Pandjaitan beberapa waktu lalu, Brebes telah dipilih menjadi salah satu lokasi sasaran program Mega Mangrove Center serta Center of Excellence. Lokasi teoatnya berada di Desa Wisata (Dewi) Bahari Mangrove yang terletak di Pandansari, Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah.

Di Dewi Bahari ini dulunya terjadi kerusakan yang cukup parah akibat abrasi. "Sejak sekitar tahun 1985 hingga tahun 2005, terjadi kerusakan ekosistem yang sangat masif, termasuk juga pembabatan mangrove," tutur Zuhdan. Karena itu, dilakukan reboisasi dan perbaikan yang mulanya digagas secara mandiri dan swadaya oleh masyarakat. Upaya reboisasi ini telah dilakukan selama 10 tahun.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kemenko Marves Khairul Hidayati selaku Koordinator kunjungan lapangan yang meninjau ke Pandansari (19/2), menekankan pentingnya mencapai pengelolaan ekosistem mangrove secara berkelanjutan.

"Pemanfaatan yang tidak berkelanjutan sudah tentu akan menghilangkan manfaat wilayah tersebut, yang jika terjadi kerusakan secara permanen maka bukan hanya manfaat ekonomi maupun sosialnya saja yang hilang akan tetapi manfaat ekologis pun akan menghilang," terang Kabag Hida.

Sejauh ini, pemerintah baik dari pusat maupun daerah, sudah mengupayakan pembangunan sarana dan prasarana seperti pengadaan listrik dan jalan. Namun, memang masih ada beberapa kendala, seperti kurangnya koneksi jaringan seluler dan internet.

Kini, sambung Zuhdan, keberadaan Desa Wisata Bahari Mangrove ini telah membawa dampak perekonomian bagi masyarakat sekitar dan menghasilkan kegiatan ekonomi sirkular."Ke sekitar juga sudah dimanfaatkan untuk ekonomi, yaitu salah satunya pewarna batik dari buah, getah, serta kulit mangrove. Dan juga usaha pariwisata," paparnya.

Hal senada diutarakan salah seorang Guru Besar Universitas Indonesia Prof. Martani Huseini selaku Pemilik Sekolah Alam dan Kampus Merdeka Belajar di Desa Wisata Bahari Pandansari. "Dengan gerakan sosial masyarakat Pandansari, akhirnya bisa membangkitkan fondasi ekonomi sirkular masyarakat Pandansari. Selain itu juga, mangrove memiliki kemampuan mengurangi secara signifikan terhadap emisi nilai karbon," kisahnya.

Potensi lain dari Desa Wisata Bahari, yaitu sebagai sarana belajar dan sebagai bentuk perwujudan dari program Center of Excellence. "Ini juga bisa menjadi tempat pembelajaran guna memahami apa itu mangrove, fungsinya, serta bagaimana mangrove bisa menyelamatkan manusia dari potensi bahaya," harap Zuhdan.

Martani juga mengungkapkan, Mangrove Pandansari memiliki potensi pariwisata sangat besar yang dapat dijadikan sebagai ecotourism serta role model di Indonesia (ma).

WM Multiplex

Nama

Advertorial,3,Alutsista,48,ATHG,258,Bela Negara,195,Bencana,4,Berita Duka,1,Covid-19,23,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,140,Ekraf,12,Gaya Hidup,70,Gaya Hidup Sehat,4,Gender,1,Hankam,7,Hidup Sehat,132,Hukum,2,Internasional,225,IPTEK,1,Jabodetabek,3,Jendela,1,Jendela nusanfa,2,Jendela Nusantara,270,Kanker Pankreas,4,Kearifan Lokal,9,Kebhinekaan,4,Kegiatan Sosial,16,Kesehatan,14,Lingkungan,198,Luar Negeri,17,Maritim,4,Multilateral,1,Nasional,9,Obat Alami,4,Olahraga,20,Opini,4,Pariwisata,8,Pesona Indonesia,117,Politik,12,Ragam,276,Redaksi,1,Sastra,1,Sastra Budaya,15,SDM,244,Sehat,38,Sejarah,7,Seni Budaya,21,Seputar Kemerdekaan,2,Sorotan,5,Tani,3,Tani Darat,104,Tani Laut,27,Teras Indonesia,111,TNI / POLRI,3,TNI-POLRI,3,Transportasi,77,Travel,2,UMKM,3,Warta Merdeka,1,Wawasan,8,Wisata,7,
ltr
item
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka: Pesona Brebes, Ayo Nikmati Desa Wisata Bahari Mangrove
Pesona Brebes, Ayo Nikmati Desa Wisata Bahari Mangrove
Brebes/Jateng (WartaMerdeka) – "Harapan ke depan, mangrove bisa menjadi kebanggaan karena akan membawa dampak luar biasa juga pada desa sekitarnya. Ka
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4M2iZdZJcNbfYJNdlxOii-z7qLokUsSxv6GO2rOWjqxyXPRfrVRSaErRI-bMjt4qetKku6uR0zWPNtOoxYjwZLLxMQD69WmliZHI_6z_Bmj_-_y4Q4BFCNs6LDEk-MaaFKz6zYVWdHoU/w400-h225/mangrove_brebes.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4M2iZdZJcNbfYJNdlxOii-z7qLokUsSxv6GO2rOWjqxyXPRfrVRSaErRI-bMjt4qetKku6uR0zWPNtOoxYjwZLLxMQD69WmliZHI_6z_Bmj_-_y4Q4BFCNs6LDEk-MaaFKz6zYVWdHoU/s72-w400-c-h225/mangrove_brebes.jpeg
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/02/pesona-brebes-ayo-nikmati-desa-wisata.html
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/02/pesona-brebes-ayo-nikmati-desa-wisata.html
true
7022093466243617840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy