Sanksi Adat Boto Cuku Nunga Bagi Penembak Satwa Dilindungi

Manggarai Timur/NTT (WartaMerdeka) – Sebuah acara sekaligus ritual yang sangat langka, terjadi di Kampung Liang Leso, Desa Watu Mori, Kecamatan Rana

Pendekatan secara adat juga bisa dilakukan untuk melindungi alam beserta isinya
Manggarai Timur/NTT
  (WartaMerdeka) – Sebuah acara sekaligus ritual yang sangat langka, terjadi di  Kampung Liang Leso, Desa Watu Mori, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), beberapa waktu lalu. Ketua Adat di kampung ini, menggelar ritual “Boto Cuku Nunga”, ditujukan kepada seorang yang sudah melakukan tindakan kurang terpuji, mengakibatkan satwa celaka.

Saat acara digelar, dari unsur Pemerintah, yakni Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam/BKSDA-NTT dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menjadi saksi berlangsungnya sanksi adat “Boto Cuku Nunga" kepada pelaku penembakan jenis Burung Sikep Madu Asia (Pernis ptilorhynchus), di Mbaru Gendang (Rumah Adat) Bondo, Manggarai Timur.

Upacara “Boto Cuku Nunga” dipimpin oleh Tua Adat Gendang Bondo Bapak Narsianus Babur, disaksikan  Kepala Bidang KSDA Wilayah II Heri Suheri, Camat Ranamese Maria Anjelina Teme), Kepala KPH Wilayah Manggarai Timur Marselus Ndeu, Danramil 04 Borong Zainuddin, Kanit Samapta Polsek Borong Silvester Jeradu, dan Ketua Dewan Paroki St. Albertus Sok Ignasius Geong.

Kepala Balai Besar KSDA NTT, Timbul Batubara menyampaikan, upacara adat ini dilakukan bermula dari terjadinya penembakan terhadap jenis Burung Sikep Madu Asia pada 11 Februari 2021 oleh pelaku berinisial “HS” dari Kampung Liang Leso. Akibatnya, burung yang menjadi perhatian pemerhati burung ini mati, dan dampaknya berbagai kalangan menuntut adanya pertanggungjawaban secara hukum kepada pelaku.

Situasi ini mengakibatkan pelaku “shock” dan meminta perlindungan adat dan diputuskan untuk dilakukan upacara “Boto Cuku Nunga”. Burung Sikep Madu Asia merupakan jenis satwa liar yang terdaftar dalam Appendix II CITES, dan termasuk satwa dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 106/2018 tentang Perubahan kedua Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20/2018 tentang Tumbuhan dan Satwa Dilindungi.

Timbul memuji dan berterima kasih kepada Bapak Narsianus Babur bersama unsur adat Liang Leso, segenap unsur Pemerintah yang terdiri atas Camat Ranamese, Kapolsek Borong, Danramil Borong, Kepala KPH Wilayah Manggarai Timur, Ketua Dewan Paroki St Albertus Sok, atas sikap yang diambilnya.

Menurut Timbul, sumberdaya alam merupakan “Saudara Tua” dalam proses penciptaan oleh Tuhan yang Maha Esa. Sehingga, “penghormatan dan kepedulian kita terhadap saudara tua ini patut terus kita tumbuh kembangkan, marilah kita patuhi kodrat alam, kita dapat memanfaatkan alam sesuai dengan peraturan. 

Upacara “Boto Cuku Nunga” berlangsung dengan tertib dan lancar, diterima oleh pelaku dan diputuskan oleh Tua Adat serta disaksikan seluruh Forkompika Kecamatan Ranamese dan masyarakat, dengan sanksi menyerahkan 1 ekor ayam  kepada Tua Adat di Rumah Gendang sebagai penghormatan kepada leluhur, 5 liter tuak putih penghormatan kepada leluhur; memotong 5 ekor ayam, menyiapkan 5 Bungkus Rokok, 20 Kg Beras, dan lauk pauk lainnya diperuntukkan makan bersama seluruh masyarakat Kampung Liang Leso, dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19 serta pelaku membuat dan memasang 5 unit spanduk terkait himbauan/larangan perburuan liar di wilayah Kampung Liang Leso.

Pada saat upacara adat ini juga, Kapolres Manggarai Timur melalui Kapolsek Borong juga menyampaikan Telegram dari Kapolri Tentang Peraturan Kapolri nomor 8 tahun 2012 tentang pengendalian Senjata Api untuk kepentingan Olahraga, dimana pada (Pasal 20) pemilik Senjata Api Olahraga harus memiliki izin dari Kapolda Up. Dirintelkam, dan telah dilakukan serah terima Barang Bukti berupa senapan angin dari pelaku kepada BBKSDA NTT yang disaksikan oleh unsur pemerintah, tokoh agama dan masyarakat adat.

Timbul mengharapkan, peran Tiga Pilar yakni adat, agama dan pemerintah dalam pelaksanaan konservasi di NTT dapat menjadi kekuatan efektif untuk mencegah terjadinya tindakan pelanggaran di bidang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem (ma).


WM Multiplex

Nama

Advertorial,3,Alutsista,48,ATHG,258,Bela Negara,195,Bencana,4,Berita Duka,1,Covid-19,23,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,140,Ekraf,12,Gaya Hidup,70,Gaya Hidup Sehat,4,Gender,1,Hankam,7,Hidup Sehat,132,Hukum,2,Internasional,225,IPTEK,1,Jabodetabek,3,Jendela,1,Jendela nusanfa,2,Jendela Nusantara,270,Kanker Pankreas,4,Kearifan Lokal,9,Kebhinekaan,4,Kegiatan Sosial,16,Kesehatan,14,Lingkungan,198,Luar Negeri,17,Maritim,4,Multilateral,1,Nasional,9,Obat Alami,4,Olahraga,20,Opini,4,Pariwisata,8,Pesona Indonesia,117,Politik,12,Ragam,276,Redaksi,1,Sastra,1,Sastra Budaya,15,SDM,244,Sehat,38,Sejarah,7,Seni Budaya,21,Seputar Kemerdekaan,2,Sorotan,5,Tani,3,Tani Darat,104,Tani Laut,27,Teras Indonesia,111,TNI / POLRI,3,TNI-POLRI,3,Transportasi,77,Travel,2,UMKM,3,Warta Merdeka,1,Wawasan,8,Wisata,7,
ltr
item
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka: Sanksi Adat Boto Cuku Nunga Bagi Penembak Satwa Dilindungi
Sanksi Adat Boto Cuku Nunga Bagi Penembak Satwa Dilindungi
Manggarai Timur/NTT (WartaMerdeka) – Sebuah acara sekaligus ritual yang sangat langka, terjadi di Kampung Liang Leso, Desa Watu Mori, Kecamatan Rana
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiq3DdKYnTSTAwqanOXTRM5yXGePNdA7mrZTc7Hyhw3heGE65NPBsVzNKBHWcxmC7PEnaMqNCIN2VzGy4xdwIu-OiM9u0xlxMPmDJUxkc5ab93F31FPS55Yo-tDHp4jrdUFLGo_IwcERqg/w400-h300/adat_manggaraitimur.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiq3DdKYnTSTAwqanOXTRM5yXGePNdA7mrZTc7Hyhw3heGE65NPBsVzNKBHWcxmC7PEnaMqNCIN2VzGy4xdwIu-OiM9u0xlxMPmDJUxkc5ab93F31FPS55Yo-tDHp4jrdUFLGo_IwcERqg/s72-w400-c-h300/adat_manggaraitimur.jpeg
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/02/sanksi-adat-boto-cuku-nunga-bagi.html
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/02/sanksi-adat-boto-cuku-nunga-bagi.html
true
7022093466243617840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy