Belitung Triathlon Awal Bangkitnya Industri Event Saat Pandemi

“Saya sangat mengapresiasi atas kolaborasi kita dalam menyelenggarakan event triathlon. Ini akan menjadi role model dalam membuat suatu event, teruta

Belitung Triathlon 2021 buktikan wisata olahraga Tanah Air banyak peminatnya
Belitung
 (WartaMerdeka) –  “Saya sangat mengapresiasi atas kolaborasi kita dalam menyelenggarakan event triathlon. Ini akan menjadi role model dalam membuat suatu event, terutama event olahraga. Dan ini juga bagian dari langkah awal kita untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” ujar Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf Rizki Handayani, saat acara Belitung Triathlon 2021, di Sheraton Belitung Resort (13/3).

Belitung Triathlon dilaksanakan pada 13 - 14 Maret 2021, merupakan event pertama di tengah pandemi yang dilaksanakan secara offline (terbuka). Ini merupakan inisiasi bersama Kemenparekraf dengan komunitas Indonesia Triathlon Series (ITS) dan Pemerintah Kabupaten Belitung, yang diharapkan menjadi langkah awal bangkitnya industri event tanah air.

Terdapat 34 peserta yang mengikuti Belitung Triathlon 2021. Diawali dengan berenang sejauh 1 km di Pantai Kawasan Sheraton Hotel, lalu dilanjutkan dengan bersepeda sepanjang 32 km ke Tanjung Tinggi, dan terakhir berlari sejauh 5 km di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang.

Turut hadir Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf/Baparekraf Edy Wardoyo, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif, Bupati Belitung Sahani Saleh, dan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie.

Wisata olahraga sekaligus bisa jadi ajang promosi potensi daerah

Event olahraga ini digelar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari peserta yang dibatasi, lalu swab antigen bagi seluruh peserta. Kemudian pada saat berenang dibagi menjadi tiga waves, terdiri dari 10 - 12 peserta di tiap wave. Begitupun pada saat transisi dari berenang menuju sepeda dan juga lari diberikan masker, hand sanitizer, dan tetap menjaga jarak.

Menurut Rizki, triathlon merupakan segmen pasar yang tepat untuk mengembangkan wisata olahraga. Karena selama ini renang, bersepeda, dan lari termasuk olahraga yang sangat diminati. Mengingat masa pandemi ini mengubah tren wisata ke depan yakni wisata yang lebih personalized, customized, dan smaller in size.

“Kegiatan hari ini nantinya akan kita berikan kepada para Duta Besar Indonesia di luar negeri. Untuk menunjukkan bahwa Indonesia siap menyelenggarakan kegiatan olahraga dengan penerapan protokol kesehatan yang baik,” jelas Rizki.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menambahkan, “kjmi sangat bangga bahwa event nasional ini dimulai dari Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Harapan kami semoga Belitung bisa menjadi ikon wisata olahraga yang dapat memicu kebangkitan dunia pariwisata tanah air.”  

Salah satu pemenang wanita Belitung Triathlon 2021, Nethavani Octaria, menceritakan pengalamannya mengikuti first leg triathlon ini. Ia merasa senang sekali dan sangat excited akhirnya event triathlon kembali diadakan setelah terhenti selama satu tahun.

“Triathlon merupakan ladang olahraga yang sangat baik dan sangat seru. Untuk itu, saya sangat berharap semakin banyak dan semakin sering event triathlon ini diselenggarakan. Dan semoga dapat diperluas di berbagai destinasi yang ada di Indonesia,” saran Vani panggilan akrabnya.

Rangkaian acara Belitung Triathlon 2021 akan dilanjutkan pada Minggu, (14/3/2021) dengan konsep Belitung Coffee Ride. Para peserta akan bersepeda sepanjang 30 km, mulai dari Hotel Santika, lalu Klenteng Sijuk, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi dan kembali lagi ke Hotel Santika. Di sela-sela bersepeda, para peserta akan menikmati Kopi Kong Djie yang legendaris (ag/dh).

WM Multiplex

Nama

Advertorial,3,Alutsista,48,ATHG,258,Bela Negara,195,Bencana,4,Berita Duka,1,Covid-19,23,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,140,Ekraf,12,Gaya Hidup,70,Gaya Hidup Sehat,4,Gender,1,Hankam,7,Hidup Sehat,132,Hukum,2,Internasional,225,IPTEK,1,Jabodetabek,3,Jendela,1,Jendela nusanfa,2,Jendela Nusantara,270,Kanker Pankreas,4,Kearifan Lokal,9,Kebhinekaan,4,Kegiatan Sosial,16,Kesehatan,14,Lingkungan,198,Luar Negeri,17,Maritim,4,Multilateral,1,Nasional,9,Obat Alami,4,Olahraga,20,Opini,4,Pariwisata,8,Pesona Indonesia,117,Politik,12,Ragam,276,Redaksi,1,Sastra,1,Sastra Budaya,15,SDM,244,Sehat,38,Sejarah,7,Seni Budaya,21,Seputar Kemerdekaan,2,Sorotan,5,Tani,3,Tani Darat,104,Tani Laut,27,Teras Indonesia,111,TNI / POLRI,3,TNI-POLRI,3,Transportasi,77,Travel,2,UMKM,3,Warta Merdeka,1,Wawasan,8,Wisata,7,
ltr
item
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka: Belitung Triathlon Awal Bangkitnya Industri Event Saat Pandemi
Belitung Triathlon Awal Bangkitnya Industri Event Saat Pandemi
“Saya sangat mengapresiasi atas kolaborasi kita dalam menyelenggarakan event triathlon. Ini akan menjadi role model dalam membuat suatu event, teruta
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYfY9lap2Lp-H6D3f2BhmoJCTYmAIpvc28NKRmLRbeLt1ldZCFyt2MV2oEmFwCsAMtzfTo6ABLtYT9C2LfUrGbSqVCAj4D9i4IxJHyJrFf4Ny-FqQAhJoYXwTTiQY3PC7Xl_R19QZJ2PQ/w400-h304/belitung_triathlon1.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYfY9lap2Lp-H6D3f2BhmoJCTYmAIpvc28NKRmLRbeLt1ldZCFyt2MV2oEmFwCsAMtzfTo6ABLtYT9C2LfUrGbSqVCAj4D9i4IxJHyJrFf4Ny-FqQAhJoYXwTTiQY3PC7Xl_R19QZJ2PQ/s72-w400-c-h304/belitung_triathlon1.jpeg
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/03/belitung-tritahlon-awal-bangkitnya.html
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/03/belitung-tritahlon-awal-bangkitnya.html
true
7022093466243617840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy