Harimau Sumatera Suro Dilepas Ke Taman Nasional Gunung Leuser

Pelepasliaran Harimau Suro di TNGL sudah berdasarkan kajian Banda Aceh  ( WartaMerdeka ) –  "Pada proses pelepasliaran, terlihat Suro s...

Pelepasliaran Harimau Suro di TNGL sudah berdasarkan kajian
Banda Aceh
 (WartaMerdeka) – "Pada proses pelepasliaran, terlihat Suro sangat bersemangat dapat kembali ke habitat alaminya. Saat pintu kandang terbuka, Suro langsung meneruskan perjalanannya menuju ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL)," tutur Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian Lingkungan Hiudup dan Kehutanan (KKH-KLHK) Indra Exploitasia.

Suro, adalah seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) jantan, kembali ke habitat alaminya di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (13/3). Pelepasliaran Suro yang berusia sekitar 5 – 6 tahun, dan berat badan kurang lebih 100 kg ini, menambah populasi Harimau Sumatera di alam.

Kegiatan pelepasliaran ini melibatkan tim gabungan, terdiri dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara, Direktorat KKH, Bupati Gayo Lues, Tiger Project UNDP, Wildlife Conservation Society-Indonesia Program (WCS-IP), Forum Konservasi Leuser (FKL), dan Yayasan Persamuhan Bodhicitta Mandala Medan.

"Atas nama KLHK, saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang mendukung  pelepasliaran, yang merupakan bentuk kolaborasi multipihak dalam upaya pelestarian Harimau Sumatera. Melalui UPT Direktorat Jenderal KSDAE, kami terus melakukan upaya mitigasi dan penanganan konflik satwa liar di seluruh wilayah kerjanya, termasuk pelibatan masyarakat dan pemerintah daerah dalam mendukung konservasi satwa liar," kata Indra.

Ucapan terimakasih dan apresiasi juga diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, khususnya Bupati Gayo Lues Muhammad Amru, yang telah mendukung upaya pelepasliaran Harimau Sumatera Suro. Bupati mengapresiasi upaya konservasi Harimau Sumatera yang dilakukan KLHK, khususnya BBTNGL dan BKSDA Aceh, terlebih dalam upaya menjaga dan mempertahankan populasi Harimau Sumatera yang berada di kawasan TNGL.

“Saya menghimbau agar masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan taman nasional yang juga merupakan habitat Harimau Sumatera untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam khususnya satwa liar Harimau Sumatera dengan cara tidak memasang jerat, racun dan perburuan yang dapat menyebabkan kematian satwa liar yang dilindungi," pesan Bupati.

Sebelumnya, Harimau Sumatera Suro dievakuasi melalui perangkap jebak (box trap) akibat berkonflik di Desa Pangkalan Sulampi, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil. Lalu Suro dititipkan sementara ke Balai Besar KSDA Sumatera Utara di Lembaga Konservasi Barumun Nagari Wildlife Sanctuary, Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara.

Pelepasliaran ke salah satu tempat di TNGL berdasarkan kajian Tim, terdiri dari BBTNGL, WCS-IP, FKL dan masukan para pihak yang memiliki keahlian teknis tentang Harimau Sumatera, dengan pertimbangan kajian populasi, keberadaan satwa mangsa, dan ancaman. Di sekitar lokasi yang menjadi tempat pelepasliaran telah dilakukan operasi sapu jerat oleh tim BBTNGL. Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi dan meminimalisir ancaman khususnya jerat.

Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan salah satu jenis satwa liar dilindungi di Indonesia berdasarkan Peraturan Menteri LHK Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018. Berdasarkan The IUCN Red List of Threatened Species, Harimau Sumatera berstatus Critically Endangered atau spesies yang terancam kritis, beresiko tinggi untuk punah di alam liar (lw).

WM Multiplex

Nama

Advertorial,3,Alutsista,48,ATHG,258,Bela Negara,195,Bencana,4,Berita Duka,1,Covid-19,23,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,140,Ekraf,12,Gaya Hidup,70,Gaya Hidup Sehat,4,Gender,1,Hankam,7,Hidup Sehat,132,Hukum,2,Internasional,225,IPTEK,1,Jabodetabek,3,Jendela,1,Jendela nusanfa,2,Jendela Nusantara,270,Kanker Pankreas,4,Kearifan Lokal,9,Kebhinekaan,4,Kegiatan Sosial,16,Kesehatan,14,Lingkungan,198,Luar Negeri,17,Maritim,4,Multilateral,1,Nasional,9,Obat Alami,4,Olahraga,20,Opini,4,Pariwisata,8,Pesona Indonesia,117,Politik,12,Ragam,276,Redaksi,1,Sastra,1,Sastra Budaya,15,SDM,244,Sehat,38,Sejarah,7,Seni Budaya,21,Seputar Kemerdekaan,2,Sorotan,5,Tani,3,Tani Darat,104,Tani Laut,27,Teras Indonesia,111,TNI / POLRI,3,TNI-POLRI,3,Transportasi,77,Travel,2,UMKM,3,Warta Merdeka,1,Wawasan,8,Wisata,7,
ltr
item
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka: Harimau Sumatera Suro Dilepas Ke Taman Nasional Gunung Leuser
Harimau Sumatera Suro Dilepas Ke Taman Nasional Gunung Leuser
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgg4M0oqETe93JWhNNsCp77s5OqnaJgu55G3_XaWxy-NIzfyZLGsIB5OAKr7KjMpYxBx3IE0a8MQMTzwVXiYcflRsmyJsNILWg_pp9Y6HBcYzqlqtetRJxTq6NM7VU9fK5bJk4ZNe1Ag0E/w255-h400/harimau_dilepas.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgg4M0oqETe93JWhNNsCp77s5OqnaJgu55G3_XaWxy-NIzfyZLGsIB5OAKr7KjMpYxBx3IE0a8MQMTzwVXiYcflRsmyJsNILWg_pp9Y6HBcYzqlqtetRJxTq6NM7VU9fK5bJk4ZNe1Ag0E/s72-w255-c-h400/harimau_dilepas.jpeg
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/03/harimau-sumatera-suro-dilepas-ke-taman.html
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/03/harimau-sumatera-suro-dilepas-ke-taman.html
true
7022093466243617840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy