loading...
Home » » Jambi Bersiap Membuka Potensi Pariwisata Dengan Protokol Kesehatan

Jambi Bersiap Membuka Potensi Pariwisata Dengan Protokol Kesehatan

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-03-18

Jambi ikut pelopori Gerakan Berwisata Di Indonesia Aja
Jakarta
 (WartaMerdeka) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan meresmikan peluncuran “Jelajah Jambi-The Hidden Paradise in Jambi” secara virtual di Jakarta (16/3). Luhut mengapresiasi Pj. Gubernur Jambi Hari Nur Cahya dan jajarannya yang  bersemangat mengangkat Provinsi Jambi menampilkan destinasi wisata indah disertai produk unggulannya.

"Kami yakin Jambi sudah siap menyambut wisatawan dengan standar protokol kesehatan," kata Luhut. Diapun berterima kasih kepada semua pihak termasuk Menkopolhukam yang terus merangkul seluruh Pemerintah Daerah, fokus mengangkat potensi wisata dan produk unggulan, dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja (BBWI).

Gerakan ini menjadi kekuatan bangsa bahwa, pemerintah sedang menggalakkan semangat Persatuan Indonesia dan akan membuktikan kebanggaan membeli dan menggunakan produk anak bangsa. "Lebih dari itu, yang dilakukan oleh Jambi bisa menjadi contoh bagi provinsi lainnya. Semangat ini tentunya menjadi motivasi dan mengingatkan kita semua, bahwa Indonesia begitu kaya dengan kearifan lokal, budaya dan sejarah, tinggal bagaimana kita mengemasnya," jelas Luhut.

Luhut juga mengapresiasi Mendagri beserta jajaran yang terus mendukung penuh Gernas BBI dan hal ini dibuktikan dengan adanya surat edaran dan radiogram yang disampaikan ke semua daerah. Ia berharap Kemendagri dapat terus mengawal program, anggaran, serta mendorong percepatan artisan lokal masuk ke ekosistem digital dan meningkatkan kapasitasnya.  

"Terima kasih juga kepada Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Komunikasi dan Informatika, yang selalu memberikan perhatian di setiap agenda Gernas BBI. Kita semua akui, kita tidak bisa kerja sendiri-sendiri, Pak Jhony, Pak Perry, betul-betul sangat intens mendorong supaya program atau gerakan BBI ini bisa berjalan dengan baik," tambahnya.

Dalam mengampanyekan gerakan BBI dan BBWI ini, Luhut memandang ada peran dukungan penting dari Menkominfo atas perluasan konektivitas jaringan sehingga turut mendorong percepatan digitalisasi di berbagai daerah khusunya Provinsi Jambi. Pasalnya sudah 70 persen pelaku UMKM/IKM sudah onboarding dan hal ini menunjukkan bahwa jaringan komunikasi di daerah ini sudah begitu baik.

Ia meminta untuk terus melanjutkan perjuangan ini sehingga seluruh artisan Indonesia dapat menikmati jaringan internet yang dapat mendukung usahanya.  "Kemarin saya sudah berkomunikasi dengan Jhony (Menkominfo) untuk membenahi borobudur, kita tidak mau ada BTS yang ada di sekitar borobudur, harus ada jarak 1-2 km dari radius borobudur. Sehingga dengan demikian borobudur tampil lebih indah lagi," bebernya.

Saat ini Jambi sedang bersiap menjadi tuan rumah BBI pada awal 2022 dan kini semua orang bisa melihat potensi Jambi yang begitu kaya dan beragam, mulai batik hingga songket yang dikenal memiliki makna dan nilai-nilai luhur yang begitu dalam. 

Sisi lain keindahan alam dan kekuatan sejarah juga menjadi keunggulan Jambi. Misalnya Candi Muaro Jambi, peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Melayu serta Gunung Kerinci dan Danau Gunung Tujuh. "Jaga nilai-nilai luhur dan kearifan lokal, kemas dengan menarik, dukung dengan amenitas dan hospitality yang memadai, siapkan diri menyambut wisatawan dalam dan luar negeri," pesan Luhut (ma).

Foto: abri

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia