Kabupaten Toba Miliki Insinerator Pemusnah Sampah

Pemerintah terus menggalakkan implementasi pengelolaan sampah secara terpadu. Terlebih di daerah yang telah ditetapkan sebagai kawasan Destinasi Pariw

Alat pemusnah sampah produk anak bangsa dari PT Pindad
Toba
 (WartaMerdeka) – Pemerintah terus menggalakkan implementasi pengelolaan sampah secara terpadu. Terlebih di daerah yang telah ditetapkan sebagai kawasan Destinasi Pariwisata Super prioritas (DPSP), seperti Kabupaten Toba, Sumatera Utara salah satunya.

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Nani Hendiarti, bersama dengan  Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi,  Badan Standardisasi Nasional (BSN) Zakiyah, Bupati Kabupaten Toba Poltak Sitorus, dan General Manager PTTEP Indonesia Mr. Grinchai, baru saja meresmikan program pengolahan sampah secara terpadu di Lumban Pea, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba (10/3). 

Peresmian ini ditandai dengan penggunaan pertama kalinya insenerator pemusnah sampah “STUNGTAxPINDAD”, diproduksi oleh PT. Pindad (persero) serta secara simbolis pembukaan rekening nasabah bank sampah. Nani menjelaskan, program ini sangat baik untuk mendorong keterlibatan masyarakat dan menggandeng pihak swasta dalam mewujudkan pengelolaan sampah yang terintegrasi.

“Tentu harapannya dengan pengelolaan sampah yg terpadu ini dapat membuat kawasan Toba yang sudah ditetapkan menjadi DPSP menjadi lebih bersih. Mari kita bersama-sama menunjukan bahwa kita peduli dengan pengelolaan sampah, hal ini memang menjadi tanggung jawab semua baik pemerintah pusat, daerah, masyarakat serta pihak swasta, mulai dari hulu ke hilir,” ucap Nani.

Masyarakat Kabupaten Toba dapat pelatihan meliputi 3 kegiatan, yaitu edukasi materi “Sampahku, Tanggung Jawabku” untuk sekolah-sekolah dasar, pendampingan kepada masyarakat untuk memilah dan memanfaatkan sampah organik dan non-organik melalui pengembangan bank sampah, serta penggunaan insinerator untuk memusnahkan residu sampah yang tidak bisa lagi dimanfaatkan.

Masyarakat diajari untuk memanfaatkan sampah dengan cerdas
 Nani menambahkan, pendekatan pengelolaan sampah secara terpadu diharapkan menjadi solusi untuk mengentaskan permasalahan sampah yang selama ini hanya diangkut ke TPA (tempat pembuangan akhir) tanpa penanganan dan pemanfaatan sama sekali. Padahal, sampah sebenarnya masih memiliki nilai ekonomi dan bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat. 

Upaya terobosan pengelolaan sampah seperti dikembangkan di Kabupaten Toba merupakan implementasi dari konsep ekonomi sirkular.  Paradigma baru dalam pengelolaan sampah, dimana sampah dimanfaatkan kembali secara berulang menjadi sumber daya atau bahan baku bagi produk yang baru.

Selain itu, Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN), Zakiyah, menyebut, insenerator “STUNGTAxPINDAD” yang diproduksi PT. Pindad (persero)  merupakan teknologi karya anak bangsa yang sudah mendapat logo SNI (standar nasional Indonesia), dan sudah lolos uji sebagai produk ramah lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta diharapkan dapat membantu permasalahan sampah di berbagai daerah.    

Sementarat Bupati Kabupaten Toba Poltak Sitorus menambahkan, ini merupakan program edukasi tentang pengelolaan sampah mulai dari rumah, yang bertajuk "Tarhilala” yang artinya memanfaatkan segalanya untuk lebih dimanfaatkan.  

“Dukungan program pemerintah dan swasta ini serta dengan adanya insinerator ini sangat membantu untuk menjalankan program kami dalam penanggulangan sampah, rencananya saya akan buatkan peraturan denda untuk pembuangan sampah sembarangan, hal itu diharapkan dapat mendorong Toba menjadi lebih bersih dari sampah dan destinasi wisata yang ada disini bisa dinikmati oleh pengunjung atau wisatawan yang datang ke Toba”, ungkap Poltak (ma).

WM Multiplex

Nama

Advertorial,3,Alutsista,48,ATHG,258,Bela Negara,195,Bencana,4,Berita Duka,1,Covid-19,23,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,140,Ekraf,12,Gaya Hidup,70,Gaya Hidup Sehat,4,Gender,1,Hankam,7,Hidup Sehat,132,Hukum,2,Internasional,225,IPTEK,1,Jabodetabek,3,Jendela,1,Jendela nusanfa,2,Jendela Nusantara,270,Kanker Pankreas,4,Kearifan Lokal,9,Kebhinekaan,4,Kegiatan Sosial,16,Kesehatan,14,Lingkungan,198,Luar Negeri,17,Maritim,4,Multilateral,1,Nasional,9,Obat Alami,4,Olahraga,20,Opini,4,Pariwisata,8,Pesona Indonesia,117,Politik,12,Ragam,276,Redaksi,1,Sastra,1,Sastra Budaya,15,SDM,244,Sehat,38,Sejarah,7,Seni Budaya,21,Seputar Kemerdekaan,2,Sorotan,5,Tani,3,Tani Darat,104,Tani Laut,27,Teras Indonesia,111,TNI / POLRI,3,TNI-POLRI,3,Transportasi,77,Travel,2,UMKM,3,Warta Merdeka,1,Wawasan,8,Wisata,7,
ltr
item
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka: Kabupaten Toba Miliki Insinerator Pemusnah Sampah
Kabupaten Toba Miliki Insinerator Pemusnah Sampah
Pemerintah terus menggalakkan implementasi pengelolaan sampah secara terpadu. Terlebih di daerah yang telah ditetapkan sebagai kawasan Destinasi Pariw
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuP5GXappoPmRiM71OedbaoNqmMb47TtEX6OYhAyW4OhWXt7rV6C5hUFd_2tocxiBFkBBAsP9sofV3SLI6g4Dpeu9hvLBF_lwI5jkPS7iTuhzsYkCTcw_qUlv8M_GdmT_6Ychbe1wSoKk/w400-h266/sampah_toba1.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuP5GXappoPmRiM71OedbaoNqmMb47TtEX6OYhAyW4OhWXt7rV6C5hUFd_2tocxiBFkBBAsP9sofV3SLI6g4Dpeu9hvLBF_lwI5jkPS7iTuhzsYkCTcw_qUlv8M_GdmT_6Ychbe1wSoKk/s72-w400-c-h266/sampah_toba1.jpeg
WARTAMERDEKA.web.id | Berita Warta Merdeka
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/03/kabupaten-toba-miliki-insinerator.html
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/
https://www.wartamerdeka.web.id/2021/03/kabupaten-toba-miliki-insinerator.html
true
7022093466243617840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy