loading...
Home » » Kadin Dukung Pemulihan Sektor Parekraf

Kadin Dukung Pemulihan Sektor Parekraf

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-05-20

Sekitar 80 juta orang tergantung di sektor parekraf

Jakarta (WartaMerdeka) – “Sebagai mitra, kami harap Kadin (Kamar Dagang dan Industri) dan asosiasi mampu meningkatkan kinerja kolaborasi kita bersama, karena COVID-19 ini memberikan dampak kepada 34 juta pelaku parerkaf, dan 90 persen pelaku parekraf ini adalah para pelaku UMKM. Dalam data yang kami terima dari Bank Indonesia, selama pandemi terdapat 72 persen pelaku UMKM mengalami penurunan kerja dan kinerja” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Saaat acara silaturahmi dan diskusi dengan perwakilan Kadin dan asosiasi sektor pariwisata di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta (19/5), Sandiaga menjelaskan, kedudukan Kadin dan Pemerintah dalam menggerakkan perekonomian nasional adalah mitra sejajar. Kadin merupakan mitra pemerintah sebagaimana tertuang dalam UU No 1/1987.
Kadin siap membantu Pemerintah gairahkan kembali parekraf yang terdampak pandemi
Menparekraf juga berharap koordinasi dengan asosiasi dan Kadin bisa terus ditingkatkan, terutama setelah Kadin meluncurkan program Vaksinasi Gotong Royong atau Vaksinasi Mandiri. Seiring dengan itu, Kemenparekraf mendorong diterapkannya program CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) Mandiri di tengah dunia usaha.

“Ini salah satu pilar usaha kita dalam menanggulangi COVID-19, kita bisa saing kolaborasikan bersama asosiasi dan Kadin, untuk membantu para pelaku parekraf yang sudah satu tahun lebih mengalami masalah akibat pandemi ini,” tambahnya.

Sementara Ketua Kadin Rosan Perkasa Roeslani menambahkan, pariwisata memiliki multiplier effect sangat luas. Menurut data yang ia terima, terdapat 80 juta orang bergantung pada sektor ini. “Pariwisata di banyak negara menjadi cara untuk bangkit di tengah pandemi. Kadin akan banyak berperan di sektor pariwisata, karena banyak sekali industri yang bersinggungan dengan pariwisata,” aku Rosan (sg/dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia