loading...
Home » » Generasi Pesona Indonesia Ikut Kawal Program Kemenparekraf

Generasi Pesona Indonesia Ikut Kawal Program Kemenparekraf

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-06-09

   Peran GenPi di garda terdepan diharapkan bisa ikut kawal program Kemenparekraf
Sleman/DIY  (WartaMerdeka) –  “Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) ini memberikan rezeki bagi 34 juta masyarakat Indonesia. Saya titip pesan kepada GenPi (Generasi Pesona Indonesia) bahwa kalian ada di garda terdepan untuk memastikan each and everyone of those 34 milion jobs tanggung jawab kita untuk kita selamatkan. Kita harus bangkitkan sektor pariwisata, kita harus pulihkan ekonomi kreatif. Untuk itu, saya harap GenPi mampu menjadi agen yang memastikan pengawalan dari program tersebut tepat sasaran,” seru Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga berdialog dengan komunitas GenPi, dalam acara NETAS (Nemuin Komunitas), digelar secara hybrid, di Kejawa Resto, Sleman, Daerah istimewa Yogyakarta/DIY (4/6), sekaligus mengajaknya untuk. turut memantau, membantu memastikan program digagas oleh Kemenparekraf/Baparekraf bisa tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Dikemukakan, Kemenparekraf hadir dengan kebijakan yang berkeadilan kepada masyarakat yang membutuhkan. Seperti, program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) sebesar Rp60 miliar yang pendaftaran resminya sudah dibuka sejak 4 Juni 2021. Lalu, program Dana Hibah Pariwisata yang tahun ini diperluas dan diperbesar jumlahnya menjadi Rp3,7 triliun, serta berbagai program lainnya.

Seperti diketahui, peran GenPi merupakan sebuah komunitas dengan ketertarikan di bidang pariwisata. Terbentuk pada 2016, tersebar di 34 provinsi Indonesia. GenPi juga secara aktif membantu mengembangkan desa wisata yang ada di Indonesia, baik dari sisi promosi secara digital maupun edukasi.

Turut hadir dalam acara NETAS, Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY Singgih Raharjo, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu, Ketua Umum GenPi Nasional Siti Chotijah, dan seluruh anggota GenPi se-Indonesia.

Sandiaga juga ingin GenPi mengawal disiplin protokol kesehatan CHSE diterapkan dengan baik di tiap destinasi wisata. Lalu, berkaitan dengan kampanye #DiIndonesiaAja, Menparekraf menekankan, hal tersebut tidak hanya sebuah kampanye program parekraf. Tapi #DiIndonesiaAja juga akan menjadi movement atau pergerakan besar yang dimotori oleh komunitas GenPi.

“Saya ingin GenPi juga turut berpartisipasi dalam memastikan penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan baik. Jangan berkerumun, jangan bergerombol. Dan GenPi yang memiliki perwakilan di 34 provinsi dan 200 lebih kabupaten/kota, saya tugaskan hari ini untuk menjadi mitra pentahelix dari kebijakan-kebijakan untuk membangkitkan sektor pariwisata dan kepulihan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.
Menparekraf bersama komunitas GenPi di DIY
Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu menambahkan, pemerintah tak bisa menjalankan programnya sendiri. Perlu ada kolaborasi dan dukungan dari unsur pentahelix, salah satunya komunitas Genpi. “Ini merupakan bentuk kolaborasi antara pemerintah dengan Genpi yang berada di garda terdepan untuk memberitakan dan menebar harapan dan optimisme kepada masyarakat di tengah pandemi,” sambung Vinsensius.

Sementara Ketua Umum GenPi Nasional, Siti Chotijah mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf atas amanah yang diberikan kepada anggotanya. “GenPi dengan semangat baru akan lebih menggaungkan dan membangkitkan sektor parekraf. Karena bagaimanapun parekraf merupakan salah satu jalan tercepat untuk memakmurkan dan memajukan ekonomi bangsa,” ungkap Siti (sg/dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia