loading...
Home » » Kasus Covid-19 Di Surabaya Naik, RSPAL dr. Ramelan Siaga

Kasus Covid-19 Di Surabaya Naik, RSPAL dr. Ramelan Siaga

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-06-18

Rumah Sakit Pusat TNI AL dr Ramelan di Surabaya siapkan strategi hadapi lonjakan pandemi
Surabaya
 (WartaMerdeka) – Menghadapi lonjakan kasus Covid-19 di Surabaya meningkat tajam, Kepala Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (Ka RSPAL) dr. Ramelan Surabaya Laksma TNI dr. Radito Soesanto selaku Perwira Tertua Kesehatan Wilayah Timur (Paterkes Wiltim) pimpin rapat koordinasi (rakor) dengan seluruh Kepala Fasilitas Kesehatan (Faskes) TNI AL Wilayah Surabaya (16/6).

Rakor membahas beberapa isu terkait perkembangan kasus Covid-19 di Surabaya, seperti kesiapan sarana dan prasarana Faskes TNI AL wilayah Surabaya menghadapi lonjakan pandemic. Serta pelaksanaan serbuan vaksinasi di Faskes TNI AL Wilayah Surabaya.

Ka RSPAL dr. Ramelan menyampaikan, setiap prajurit Kesehatan TNI AL harus menjadi leader dalam penerapan protokol kesehatan (prokes), baik di satuan kerja maupun di lingkungan tempat tinggal. Juga,  selalu menyampaikan pentingnya penerapan prokes, dan menjadi sumber informasi tentang Covid-19 bagi masyarakat.

Selain itu, Ka RSPAL juga memerintahkan kepada seluruh kepala Faskes TNI AL wilayah Surabaya untuk menyiapkan secara maksimal fasilitas yang ada untuk menerima pasien COVID-19 dan menyiapkan ruang isolasi mandiri bagi personel yang hasil Swab PCRnya positif.

Menurutnya, Kafaskes wajib melaksanakan screening rutin kepada personel di satuannya secara terencana dengan metode Swab Antigen. Jika hasil Swab Antigen dinyatakan positif, maka dilanjut dengan Swab PCR. Faskes TNI AL harus turut mendukung percepatan pelaksanaan program serbuan vaksinasi dengan sasaran anggota TNI AL dan keluarganya.

“Untuk kebutuhan vaksin dapat berkoordinasi dengan Kadiskes Koarmada II selaku Koordinator distribusi Vaksin yang ditunjuk oleh Diskesal, tambahnya.

Beberapa poin penting yang disepakati dalam rakor, yakni RSPAL dr. Ramelan Surabaya siap menjadi pusat rujukan kasus Covid-19 untuk Faskes TNI wilayah Surabaya atau Jawa Timur serta siap melakukan pendampingan terkait penyiapan tenaga kesehatan TNI AL serta sarana prasarana pendukungnya (lw).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia