loading...
Home » » Menparekraf Kagumi Potensi Desa Wisata Di Sulsel

Menparekraf Kagumi Potensi Desa Wisata Di Sulsel

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-06-23

Desa Ramang-Ramang kita nikmati dengan perahu dikelilingi batuan Karst yang menakjubkan
Maros/Sulsel  (WartaMerdeka) – Ketika melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Selatan (Sulsel), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga (Menparekraf/Baparekraf) Salahuddin Uno menyempatkan melihat potensi desa wisatanya, yakni Ramang-Ramang di Kabupaten Maros dan Barania di Kabupaten Binjai (17-19/6).

"Hadirnya desa wisata ini diharapkan semakin meningkatkan peluang bagi masyarakat, memberikan multiplier effect yang mendalam bagi masyarakat. Ini yang kita dorong, serta saya juga menginstruksikan kepada jajaran Kemenparekraf untuk memberikan pendampingan baik dalam peningkatan sumber daya manusia, pengelolaan homestay, dan lainnya,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Rammang-Rammang merupakan bagian dari Geopark Maros-Pangkep dan telah menjadi salah satu objek wisata andalan. Dengan naik perahu, wisatawan dapat menyusuri Sungai Putai sekaligus menikmati keindahan alam yang disuguhkan sebelum tiba di Kampung Berua.

Desa wisata ini juga dikenal dengan atraksi budaya, yakni tari tradisional Paduppa yang biasanya dihadirkan untuk menyambut tamu. Wisatawan juga dapat menikmati produk ekonomi kreatif seperti suvenir khas berupa hasil kerajinan anyaman dari daun nipah, fashion payet yang menjadi salah mata pencaharian warga lokal. Serta kuliner seperti abon telur, ikan bandeng tanpa tulang, dan ikan kambu. Serta adanya fasilitas homestay dan rumah makan di rammang-rammang cafe ecolodge and coffee.

Berikutya, Sandiaga mendatangi Kampung Galung, Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai. Desa Barania merupakan satu dari 11 desa wisata yang tengah dikembangkan Pemkab Binjai, dengan potensi pariwisata berupa panorama sumber daya alam yang memanjakan mata, mulai dari hamparan sawah yang luas, udara segar hingga air terjun.
Pesona alam Desa Barania begitu memanjakan kita
"Kami akan petakan bantuan jenis apa yang diperlukan, karena desa wisata seperti ini perlu kunjungan wisatawan dan ekonominya membuka lapangan kerja, dan apa yang dibutuhkan yaitu jaringan, jalanan, infrastruktur, dan SDM pengelola desa wisata. Ini mungkin yang bisa kita bantu kedepan," janji Sandiaga.

Sebagai salah satu cara, Menparekraf mengajak Bupati Sinjai untuk mendaftarkan desa-desa wisata yang ada untuk mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 (jsa/ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia