loading...
Home » » Pasien Covid-19 Varian Baru Asal India Berhasil Disembuhkan

Pasien Covid-19 Varian Baru Asal India Berhasil Disembuhkan

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-06-21

Penanggungjawab RS Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Laksma TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara (seragam loreng)
Surabaya (WartaMerdeka) – Dua pasien dengan varian baru Delta B.1.617.2 (dari India) berhasil disembuhkan. Hal tersebut disampaikan Penanggungjawab Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Laksma TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, saat jumpa pers di Surabaya (21/6).

Laksma TNI Dewa Gede mengatakan, hari ini RS Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya kembali “mewisuda” 33 pasien pada periode ke 359. Mereka dinyatakan sembuh oleh DPJP (Dokter Penanggung Jawab Pasien), menjalani prosesi “wisuda” penyintas covid-19 dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

Dari 33 pasien yang ke RS hari ini, tambah Laksma TNI Dewa Gede, terdiri dari 2 orang PMI, 7 umum dan 24 orang dari klaster Bangkalan, dimana dua orang diantaranya adalah pasien terkonfirmasi varian baru Delta, yakni Mr. M dan Mr. N.

“Tanggal 6 Juni mereka masuk RS Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya, Px. 7529 Mr. M asal Bangkalan dengan Gejala Ringan (Meriang), Tanpa Komorbid dan Px. 7520 Mr. N asal Sampang dengan Gejala Ringan (Panas), Tanpa Komorbid. Setelah menjalani perawatan dan pengobatan hari ini 21Juni 2021 dinyatakan sembuh dan boleh pulang,” ujarnya.

Menurut dokter dari TNI AL ini, RS Lapangan Kogabwilhan II telah berhasil menangani dan menyembuhkan pasien dengan varian baru Delta. “Selamat kepada semua pasien yang sembuh hari ini (termasuk 2 yang terkonfirmasi varian baru Delta) dan berpesan untuk selalu menjaga dan menjalankan protokol kesehatan secara konsisten, terus berusaha menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh melalui makan makanan bergizi, asupan vitamin yang cukup (terutama yang bersumber dari buah-buahan), serta istirahat yang cukup saat badan melai teras lelah baik fisik maupun pikiran/mental,” jelasnya.

Disampaikan juga, Covid-19 itu bisa ditangani dan disembuhkan. Masyarakat tidak perlu terlalu takut. Tapi harus tetap waspada dengan tipologi varian baru yang lebih cepat menular dan menyebar, lebih cepat daya rusaknya (apabila tidak segera ditangani) serta menyerang pula pada orang usia muda.

 “Tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan (ini yang baru) menghindari makan bersama, adalah langkah yang harus dijalankan selama pandemi belum berakhir, dan dijadikan kebiasaan baru yang dapat menjaga diri dari paparan Covid-19,” pesan Laksma TNI Dewa Gede.

Sejak Mei 2021, RS Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya total telah menerima konfirmasi 7 pasien varian baru B.117 (Strain Inggris) 1 orang, B.1351 (strain Afrika Selatan) 1 orang dan B.1.617.2 (strain India) 5 orang. Strain Inggris dan Afsel didapat dari sampel Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan strain India semua berasal dari Klaster Bangkalan, yang dikirimkan oleh Satgas Covid-19 Surabaya, hasil dari tracing Pencegatan Suramadu sisi Surabaya pada 6 Juni 2021.

“Pasien dengan varian B.117 (Strain Inggris) dan B.1351 (strain Afrika Selatan) dari PMI ditangani dengan baik. Ms. P dirawat 14 hari dan Mr. M dirawat 18 hari, 2x swab negatif dan sudah dinyatakan sembuh. Seorang pasien varian baru India pindah faskes 12 Juni 2021 RS di Bojonegoro dengan pertimbangan lebih dekat domisili. 2 orang sembuh hari ini dan 2 orang masih dirawat dengan kondisi yang stabil,” terang Laksma TNI Dewa Gede.

Pada kesempatan sama, Radian Jadid selaku Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 RS lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya membeberkan data. “Jumlah pasien yang dirawat per Hari ini Senin, 21 Juni 2021 Pukul 13.30 WIB. sejumlah 341 orang terdiri dari PMI 58, Klaster Madura 204, dan Umum/Mandiri 79 orang. Jumlah inden (antri masuk) 65 orang,” kata Radian Jadid.

 “Daya tampung RS Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya 410 bed, sekarang terisi 341 pasien. Masih ada space 69 bed, dengan jumlah inden 65 calon pasien. Hingga hari ini RS Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya, total sudah melayani 8.016 pasien dan telah berhasil menyembuhan 7.342 orang. Tingkat kesembuhan 96,76 persen dengan angka kontribusi tingkat Nasional 0,44 persen, Jawa Timur 5,09 persen dan Surabaya 31,83 persen,” ungkap Radian Jadid (dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia