loading...
Home » » Jaga Potensi Migas Laut Natuna Utara, Bakamla Sinergi Dengan Kementerian ESDM

Jaga Potensi Migas Laut Natuna Utara, Bakamla Sinergi Dengan Kementerian ESDM

Posted by WARTA MERDEKA on 2021-07-17

Kehadiran Bakamla RI di Laut Natuna Utara sangat mebantu mengamankan perairan tersebut
Jakarta (WartaMerdeka) –  “Guna mengantisipasi eskalasi kapal negara asing daerah eksplorasi migas di perairan perbatasan laut Natuna Utara, Bakamla RI bersama TNI Al berkoordinasi untuk melaksanakan patroli mengamankan daerah tersebut,” jelas Laksdya TNI Aan Kurnia. Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla RI).

Bakamla dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sepakat bekerja sama dalam  menjaga keamanan sumber daya migas Indonesia di perairan perbatasan Laut Natuna Utara, seperti diutarakan saat komunikasi lewat video conference antara Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dan Menteri ESDM Arifin Tasrif, di Jakarta (16/7/).

Laksdya TNI Aan Kurnia menginisiasi dialog penting ini terkait keamanan sumber daya migas yang berada di laut Natuna Utara. Kapal Bakamla RI secara terus menerus telah menggelar kekuatan selama 24 jam di perairan perbatasan laut Natuna Utara dan secara silih berganti dengan TNI AL.

Dialog Kepala Bakamla RI dan Menteri ESDM melalui video conference
Namun disadari, tambah Kepala Bakamla, pihaknya menghadapi kendala dalam keterbatasan anggaran gelar operasi . Jadi, perlu adanya sinergitas dengan Kementerian ESDM. Melalui MoU Bakamla dan Kementerian ESDM, maka Bakamla RI dapat menyusun rencana operasi kontijensi mengantisipasi adanya eskalasi kapal negara asing di perairan perbatasan negara lain.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyambut baik gagasan dari Bakamla, dan memahami seharusnya pihaknya yang terlebih dahulu menginisiasi kolaborasi dengan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia. “Kami mengapresiasi apa yang telah dilakukan Bakamla RI dalam mengamankan perairan di daerah perbatasan,” puji Arifinf.

Dengan adanya Mou antara kedua pihak, diakui Arifin, akan mendukungg program-program eksplorasi migas diwilayah perbatasan dengan negara asing. “Ini kita sambut baik sekali,” jelas Arifin (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link WARTA MERDEKA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Warta Merdeka Indonesia